Indeks Kepuasan Masyarakat di Puksesmas Sidoarjo Terus Meningkat

0
Ilustrasi. (Banjarmasin Post/Fathurahman)

halopantura.com Sidoarjo – Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang ada di Sidoarjo selalu berusaha memberikan tanggapan dan memperbaiki Pelayanan kepada masyarakat. Hal itu, terlihat dari indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

“Dari tahun ke tahun, indeks kepuasan masyarakat terhadap puskesmas tinggi. Artinya, dari tahun ke tahun meningkat,” kata Kepala Puskesmas Sekardangan, dr. Eka Ariswati yang mengklaim pelayanan kesehatan meningkat.

Menurutnya, pelayanan puskesmas sekarang ini tidak banyak keluhan, terlebih puskesmas juga melayani pasien BPJS. Justru masyarakat saat ini, banyak yang beralih ke puskesmas dan menjadi pilihan untuk berobat.

“Kenyataan sekarang, masyarakat percaya dengan puskesmas. Apalagi, setelah akreditasi,” ujarnya, Sabtu (5/1/2019).

Dirinya juga menjelaskan, pada dasarnya puskesmas itu melakukan tindakan secara preventif dan promotif, atau bisa dibilang tindakan pencegahan dan promosi kesehatan.

Semua puskesmas yang ada di wilayah Sidoarjo, selalu berinovasi dalam hal pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Banyak cara untuk berinovasi, dan yang paling penting masyarakat merasa nyaman.

“Belum tentu, yang datang ke puskesmas semuanya sakit. Ada yang datang hanya ingin konseling, atau periksa ke lab. Dan itu, salah satu inovasi dari puskesmas,” ungkapnya.

Disinggung tentang pilihan masyarakat yang berobat ke klinik, dirinya mengatakan, masyarakat juga berhak untuk memilih, yang mana menurutnya lebih baik. Intinya, puskesmas juga sudah memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Kita sama-sama faskes 1, dan saling jejaring. Anggapan untuk bersaing, itu tidak ada,” ucap dr. Eka.

Diketahui, sering terjadi berbagai keluhan yang disampaikan masyarakat tentang pelayanan kesehatan puskesmas yang ada di wilayah Sidoarjo. Keluhan tersebut, sering disampaikan melalui sosmed, kotak boks puskesmas maupun melalui antar pasien. (yan/fin/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here