Ini Program Unggulan CSR Semen Gresik 2017 Buat Masyarakat

0
Dirut Semen Gresik (kiri) bersama Bupati Tuban dan Wabup Tuban ketika memberikan bantuan simbolis kepada masyarakat. (rohman)

halopantura.com Tuban – PT Semen Gresik (Persero) Tbk terus berupaya melakukan inovasi di berbagai bidang, termasuk inovasi dalam pengelolaan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal itu ditandai dengan launcing beberapa program unggulan CSR Semen Gresik 2017 buat masyarakat, dilaksanakan di gedung Auditorium lantai 2 kantor Semen Gresik di Tuban, Rabu, (22/8/2017).

Launcing tersebut di hadiri Bupati Tuban, H. Fathul Huda, Forpimda Tuban. Turut hadiri pula dalam acara itu tokoh agama, perwakilan masyarakat, dan beberapa pihak terkait lainnya.

Direktur Utama PT Semen Gresik, Gatot Kustiadji, dalam sambutannya menyampaikan beberapa program unggulan CSR di tahun 2017. Disalurkan dan diserahkan kepada berbagai unsur masyarakat, baik di area pengembangan utama perusahaan maupun seluruh Kabupaten Tuban.

“Program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh perusahaan selelalu direncanakan dan dilaksanakan dalam konsep yang berbasis pada potensi sumber daya lokal,” kata Dirut Semen Gresik dihadapan para undangan.

Program CSR unggulan tersebut meliputi bantuan forum masyarakat kokoh (FMK) terkait program pemberdayaan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik masing-masing desa dan kecamatan disekitar perusahaan. Program-program yang diajukan tersebut selanjutnya akan direalisasi melalui bantuan CSR Semen Gresik di 26 desa yang tersebar di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Kerek, Merakurak, Jenu.

Pada tahun 2016, Semen Gresik telah merealisasikan 49 program senilai Rp 7,25 Miliar untuk FMK. Meliputi bantuan program pemberdayaan, pelatihan dan pengembangan kompetensi masyarakat, dan beberapa program lainnya.

Sedangkan tahun 2017, Semen Gresik kembali menyerahkan bantuan buat FMK senilai Rp 7,25 Miliar di 26 Desa tersebar di 3 Kecamatan. Dengan fokus pada program-program pemberdayaan masyarakat dan mendorong kemitraan serta keterlibatan bersama segenap pemangku kepentingan dalam pelaksanaannya.

“Diharapkan dengan program itu sinergi antara perusahaan dengan masyarakat menjadi lebih kuat dalam bersama membangun kemandirian ekonomi masyarakat,” tegas Dirut Semen Gresik.

Selanjutnya, perusahaan menyalurkan bantuan sebanyak 34 sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1438 H. Bantuan hewan kurban tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban, DRPD Tuban, Masjid Agung Tuban, dan 26 desa sekitar perusahaan.

“Selain itu bantuan hewan kurban juga disalurkan untuk panitia Idul Qurban Semen Gresik, dan lembaga-lembaga lainnya dengan total nilai Rp 903.500.000,” ungkap Dirut.

Kemudian ada bantuan bedah rumah tak layak huni sebanyak 40 rumah untuk warga di sekitar perusahaan dengan nilai total Rp 1,8 miliar. Dengan programitu diharapkan semakin banyak masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) memiliki akses terhadap tempat tinggal yang layak huni, dan pada akhirnya mampu mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

Selanjutnya, program unggulan berupa bantuan pendamping petani greenbelt yang sudah dimulai sejak 2004 silam. Perusahaan telah membangun kerja sama erat dengan salah satu mitra strategis perusahaan, yaitu para petani pengelola sabuk hijau area tambang (Petani Greenbelt, red).

Hingga tahun 2017, total petani greenbelt yang mengelola lahan perusahaan adalah sebanyak 328 orang dan terbagi dalam 20 kelompok petani dari desa-desa terdekat.

Sebagai bentuk apresiasi perusahaan atas upaya para petani greenbelt dalam menjaga pelestarian lingkungan dan pemanfaatan lahan perusahaan, maka perusahaan berkomitmen untuk memberikan bantuan pendampingan dalam peningkatan produktivitas pertanian dan perkebunan petani greenbelt.

Bantuan ini nantinya akan meliputi program peningkatan kompetensi petani, bantuan bibit dan pupuk, sarana penunjang, serta pendampingan intensif oleh tenaga ahli yang berkompeten.

“Semen Gresik berharap dengan adanya bantuan ini akan memotivasi petani greenbelt dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kreativitas produk turunan yang memiliki nilai jual kompetitif,” jelas Dirut Semen Gresik.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Tuban, H. Fathul Huda, berpesan agar program-program CSR yang disalurkan bisa bersinergi dengan pemerintah. Sehingga seluruh bantuan bisa secara maksimal diterima masyarakat.

“Kita sambut baik program CSR unggulan Semen Gresik ini,” tegas Bupati Tuban. (rohman)

Foto bersama usai penyerahan bantuan secara simbolis bagi penerima bantuan. (rohman)

Tinggalkan Balasan