Jaga Kedisiplinan, Polres Jombang Terapkan Absensi Alat Deteksi Wajah

0
Absensi Deteksi Wajah.

halopantura.com Jombang – Polres Jombang membuat terobosan baru dalam mengecek kehadiran anggota. Sidik jari, mungkin sudah kurang efesien dan kini mereka menerapkan absensi kehadiran anggotanya dengan menggunakan alat deteksi wajah. Tentu saja itu lebih akurat dan sulit untuk dipalsukan.

Wakapolres Jombang Kompol Edith Yuswo W, SIK mengatakan, alat presensi yang dipasang di Mapolres Jombang itu selain mendeteksi wajah, juga mendeteksi iris atau retina mata anggota. Dengan begitu, alat tersebut tidak bisa dibohongi.

“Kalau bukan yang bersangkutan yang melakukan absensi, maka alat tersebut tidak akan mendeteksi,” kata Waka Polres kepada para wartawan, Selasa (2/1/2018).

Ia mengungkapkan, saat ini alat deteksi wajah tersebut masih terpasang di Mapolres saja. Namun kedepan akan diperbanyak untuk dipasang di masing-masing polsek jajaran. Harapannya, dengan alat canggih itu tidak ada lagi anggota yang membolos.

“Dengan metode tersebut diharapkan anggota bisa datang tepat waktu dan bisa memupuk disiplin kehadiran. Tahap selanjutnya, setiap bulan akan diprint-out untuk melihat serta mengevaluas kehadiran anggota saat bertugas,” terangnya.

Ia menambahkan, alat tersebut hanya mampu mendeteksi wajah dari anggota yang sudah masuk dalam data base dengan metode tiga dimensi. Sehingga tidak dapat dipalsu baik melalui foto atau video.

“Deteksi wajah sudah terekam dalam data base dengan metode tiga dimensi, jadi tidak bisa dipalsu,” tandasnya. (fin/roh)

Tinggalkan Balasan