Jaga Kerukunan, Klenteng Tuban Ajak Buka Puasa Bersama 1.500 Orang

0
Suasana di halaman Klenteng Tuban saat kegiatan buka puasa bersama. (Foto : rohman)

halopantura.com Tuban – Pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, di bulan Ramadhan ini menggelar buka puasa bersama yang diikuti sekitar 1.500 orang, terdiri dari anak yatim, yatim piatu, dhuafa, dan beberapa lapisan masyarakat lainnya. Kegiatan itu dalam rangka menjaga kerukunan dan persatuan umat beragama, yang dilakukan di halaman Klenteng Tuban, Jum’at, (23/6/2017).

Selain buka bersama, pengurus Klenteng juga menyalurkan bantuan sosial (Baksos) berupa sembako beras kepada masyarakat yang membutuhkan yang tinggal disekitar Klenteng. Tak ketinggalan, pengurus pun melakukan penyantunan kepada anak yatim dan yatim piatu.

“Menu Buka puasanya enak mas, dan kita dapat sembako pula dari Klenteng,” kata Eni, salah satu warga Tuban sambil membawa sembako beras.

Gunawan Putra Wirawan, Ketua TITD Kwan Sing Bio Tuban, disela – sela acara menjelaskan bahwa kegiatan buka bersama ini baru pertama kali diadakan oleh pegurus, dan akan terus dilakukan pada tahun berikutnya. Namun, kegiatan membagi takjil, sembako dan penyantunan anak yatim telah rutin dilakukan pengurus menjelang hari raya Idul Fitri.

“Buka bersama ini baru pertama kita lakukan dengan diikuti sekitar 1.500 orang, mulai dari anak-anak, orang dewasa dan masyarakat sekitar yang ada di Kabupaten Tuban,” jelas Gunawan Putra Wirawan.

Menurutnya, tujuan buka puasa bersama ini untuk menjalain silaturahmi kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Tuban. Sehingga kerukunan dan persatuan antara masyarakat (umat beragama, red) dapat terwujud dan terjaga dengan baik.

“Harapan pengurus, kerukunan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Tuban tetap terjaga dengan baik. Serta kegiatan ini dalam rangka menjaga kebhinekaan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuaan Bangsa Indonesia, khususnya di wilayah Tuban,” tegas Gunawan panggilan akrabnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan