Jamin Keamanan Pilkada 2020, Polda Jatim Deteksi Kelompok Teroris

0
Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, memberikan semangat kepada anggota Polres Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Kepolisian Daerah (Polda) Jatim telah melakukan deteksi dini terkait keberadaan kelompok-kelompok teroris yang berada di wilayah hukumnya. Hal itu dilakukan untuk memastikan agar pelaksanaan Pilkada serentak 2020 berjalan aman dan lancar.

“Deteksi teror juga telah dilakukan, dan telah ada tim satgas sendiri,” ungkap Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, ketika berkunjung di Mapolres Tuban, Jumat, (8/11/2019).

Pria berpangkat dua bintang di pundak ini menuturkan, di wilayah Jatim masih ada kelompok-kelompok teroris. Namun begitu, keberadaan kelompok tersebut sudah dimonitoring semua.

“Kita berharap supaya meraka (kelompok teroris,red) sadar, dan potensi teror ada disemua wilayah,” ungkap Perwira tinggi Polri lulusan Akpol 1987 itu.

Ia menegaskan, keberadaan kelompok teroris merupakan bahaya yang harus diantisipasi. Sebab, ada pengalaman-pengalaman yang sudah kejadian di wilayah Jatim.

“Ini tetap menjadi prioritas,” tambah Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan (Wakabaintelkam) Polri itu.

Lebih lanjut, Kepolisian juga telah menyiapkan strategi pengamanan untuk mencegah konflik dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. Pasalnya, masalah politik ini tidak bisa membeda-bedakan dalam hal pengamanan dan harus memiliki porsi sama.

“Bahasanya kita tidak ingin kecolongan, dan akan dilakukan pengaman secara maksimal dengan pengalaman yang kita miliki kemarin (Pemilu 2019 dan Pilpres, red) akan lebih baik,” beber Luki.

Sebatas di ketahui, Kapolda Jatim datang ke Mapolres Tuban dalam rangka memberikan arahan tentang pengamanan Pilkada serentak. Sebab, Kabupaten Tuban menjadi salah satu yang akan mengikuti pesta demokrasi dari 19 Kabupaten/Kota di Jatim.

Jumlah yang akan mengikuti Pilkada serentak 2020 adalah sebagai berikut. Diantaranya, Kabupaten Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, Blitar, dan Kota Blitar.

Kemudian ada Kabupaten Malang, Ngawi, Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri. (rohman)

Tinggalkan Balasan