Jaring Aspirasi Warga, FMK Karangasem Fokus Pemberdayaan

0
Suasana Fokus Grup Diskusi (FGD) Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Tuban.

halopantura.com Tuban – Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M SG) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Forum Masyarakat Kokok (FMK) Mandiri Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, menggelar Fokus Grup Diskusi (FGD), dilaksanakan di balai desa setempat, Minggu, (30/12/2018).

Kegiatan yang dikemas dengan sederhana itu diikuti 40 peserta dari berbagai perwakilan masyarakat desa setempat.

Salah satu tujuan acara itu untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam rangka mengelola dana CSR PT Semen Indonesia pada tahun depan. Dengan harapan dana nantinya dikelola tepat sasaran, dan berfokus ke pemberdayaan masyarakat.

Koordinator FMK Mandiri, Mahmudi mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang semangat menghadiri acara FGD meskipun di hari libur. Kegiatan ini salah satu tujuannya untuk menjaring aspirasi warga di Desa Karangasem untuk mengelola dana CSR PT SI tahun depan yang fokus ke Pemberdayaan.

“FMK mengundang masyarakat untuk sama-sama merumuskan program secara umum untuk program berikutnya,” jelas Mahmudi.

Ia di hadapan masyarakat mengajak secara bersama -sama untuk merumuskan program yang mampu dirasakan semua warga. Sehingga menjadikan desa ini lebih berdaya, maju, dan program tepat sasaran.

“Termasuk mari kita rumuskan program yang mampu meningkatkan perekonomian warga desa,” ungkapnya.

Hal sama juga diungkapkan Sekretaris Desa Karangasem, Edris. Ia menyampaikan, kedepan FMK dan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) sebagai penerima manfaat bisa lebih maju lagi. Baik tentang program maupun pengelolaannya.

“Di edisi tahun depan, kami harapkan program lebih tepat sasaran, dan penerima manfaatnya lebih menyerap orang lebih banyak,” jelas Sekdes Karangasem.

Sementara itu, Fasdes P2M-SG Desa Karangasem, A. Maimun Asyari mengajak, mari sama-sama kegiatan FGD ini dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya. Dengan menelurkan gagasan, saran, masukan, mungkin kritikan yang membangunan untuk masyarakat desa tercinta.

“Mari kita gali potensi dari desa ini untuk mampu mengangkat nilai ekonomi dan kapasitas intelektual warganya,” ajaknya.

Lebih lanjut, ia menambahkan kegiatan FGD Desa ini memang menjadi sarana untuk FMK dalam merencanakan program kedepannya. Dalam FGD ini ada 2 tema, yakni FMK kelembagaan dan perencanaan yang akan menjadi rencana program FMK di tahun berikutnya.

“Marilah kita manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik baik nya. Kira rencana kan dengan melibatkan semua unsur masyarakat. Sehingga nantinya mampu memperdaya kan warga Karangasem,” pungkasnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan