Jelang Natal, Kebutuhan Pokok di Jombang Merangkak Naik

0
Ilustrasi salah satu pedagang. (dok)

halopantura.com Jombang – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, harga sejumlah kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jombang mulai merangkak naik, Sabtu, (16/12/2017).

Kenaikan yang terjadi sejak sepekan itu bukan hanya karena permintaan barang jelang Natal meningkat. Selain itu, tersendatnya pasokan dari pedagang juga salah satu pemicunya.

Pantauan media ini, beberapa harga kebutuhan dapur yang naik diantaranya, harga beras, tomat, bawang merah, dan kentang. Kenaikan masih dalam batas kewajaran.

Untuk harga beras medium mengalami kenaikan sekitar Rp 1.200 per kilogram. Harga sebelumnya Rp 9.300 per kilogram, kini menjadi Rp 10.500 per kilogram. Untuk harga Bawang merah yang biasanya berkisar Rp 15.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 16.0000 per kilogram.

“Naik sudah sekitar satu minggu ini mas,” kata Aminah, salah seorang pedagang di Pasar Pon Jombang.

Kenaikan juga untuk kentang, dari harga Rp 12 ribu pper kilogram naik menjadi Rp 15.000 per kilogram. Lalu, kebutuhan pokok yang naik yakni tomat dari Rp 8.000 menjadi Rp 10.000 per kilogram.

Aminah mengatakan, faktor naiknya sejumlah kebutuhan bahan pokok itu karena tersendatnya kiriman dari pedagang. “Karena cuaca hujan dan kirimannya tersendat (telat), jadi naik harganya. Ini sudah satu mingguan,” ungkapnya.

Hal sama juga disampaikan Ahmad. Ia mengatakan ada kenaikan, menurutnya itu masih dalam batas kewajaran. “Pembeli ya masih seperti biasanya. Hanya, stok pengiriman yang berkurang,” ujar pedagang di Pasar Legi ini.

Dirinya memperkirakan, kenaikan ini bakal terjadi hingga menjelang pergantian tahun, dan setelah itu berangsur-angsur turun. “Ya kemungkinan setelah tahun baru akan turun,” ucapnya.

Ia menambahkan, meski terjadi kenaikan harga, permintaan di pasar masih stabil sperti biasanya. “Mungkin naikknya sedikit, jadi masig normal,” tandasnya. (fin/roh)

Tinggalkan Balasan