Jelang Ramadhan, Petugas Amankan 16 Ribu Liter Baceman Arak

2
Bahan baku pembuat arak (baceman) diamankan petugas. (rohman)
Bahan baku pembuat arak (baceman) diamankan petugas. (rohman)

halopantura.com Tuban – Jelang bulan suci Ramadhan petugas gabungan dari Polsek Semanding, Satpol PP dan TNI setempat mengamamankan sebanyak 16 ribu liter baceman (bahan baku pembuatan arak). Baceman itu diamankan di tiga lokasi pabrik arak yang berada di kawasan Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin, (22/5/2017).

“Operasi ini dalam rangka menghadapi bulan puasan dan lebaran. Tiga lokasi pembuatan arak yang berada di Kecamatan Semanding kita razia dan kita amankan barang buktinya,” kata AKP Desis Susilo, Kapolsek Semanding, Polres Tuban.

Lokasi pertama petugas mengamankan sebanyak 40 drum yang berisi 8 ribu liter baceman dan dua dandang untuk membuat arak. Bahan membuat arak itu diamankan di rumah kosong dengan pemilik Kastowo yang merupakan warga setempat.

Selanjutnya di lokasi kedua pabrik arak milik Purwanto warga setempat di tutup paksa oleh petugas karena ketahuan masih memproduksi minuman arak. Dari lokasi kedua itu diamankan 14 drum baceman yang berisi 6.800 liter arak baceman yang tersimpan di dalam dapur rumah milik pelaku.

Lokasi terkahir petugas mengamankan sebanyak 1.200 liter arak baceman milik Cintoko atau Purnomo warga setempat yang berada di enam drum. Bahan itu disimpan oleh pelaku di dalam kandang sapi.

“Total ada 16 ribu baceman yang kita amankan di tiga lokasi yang berbeda, termasuk pemilik telah kita amankan untuk proses penyelidikan,” beber Kapolsek Tuban.

Menurutnya, razia di tiga lokasi itu tidak ditemukan arak jadi hanya berupa baceman dan beberapa alat untuk membuat arak. Selanjutnya, pemilik diamankan untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

“Semua baceman itu kita musnahkan dan patroli akan terus kita lakukan untuk menciptakan kondisi Tuban bebas dari arak,” tegas Kapolsek Semanding. (rohman)

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan