Jokowi Bersama Petani Panen Raya Jagung di Tuban

1
Jokowi sebelum melakukan panen raya jagung bersama petani Tuban.

halopantura.com Tuban – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama para petani melakukan panen raya jagung di lahan RPH Ngimbang, BKPH Sundulan, Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Tuban, Jumat (09/03/2018).

Selama proses panen, Jokowi yang mengenakan kemeja warna putih langsung terjun ke ladang jagung sambil berbincang-bincang bersama para petani. Suasana pun nampak begitu akrab antara Jokowi dengan petani sampai dengan proses penanam bibit pohon jati di lokasi tersebut.

Jokowi dalam panen raya itu juga didampingi Ibu Negara Iriana, Mensesneg Pratikno, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

“Senang bisa ikut panen bersama pak Jokowi,” kata Sujiem salah satu petani asal Desa Ngimbang usai panen jagung di lahan seluas 7,5 hektare.

Setelah itu, secara simbolis orang nomor satu di Indonesia tersebut juga menyerahkan 13 surat keputusan (SK) untuk Kabupaten Bojonegoro, Blitar, dan Malang. Surat itu diberikan kepada masyarakat atas izin memanfaatkan lahan hutan seluas 8.975,8 hektar bagi 9.143 KK di tiga kabupaten tersebut.

“Manfaatkan lahan itu dengan sebaik mungki, jika nanti kurang akan dialokasikan tambahan lahan jika masih ada,” ungkap Jokowi disambut tepuk tangan para petani yang hadir.

Jokowi dalam sambutanya juga menyinggung masalah pupuk yang sulit didapat ketika masa tanam. Hal itu menjadi perhatian serius Jokowi agar persoalan pupuk bisa diatas dengan baik dan tidak merugikan petani.

”Ini aneh perusahaan pupuk selalu memproduksi, tapi dilangan tidak ada. Bu Menteri BUMN Rini Sumarno harus mencari kemana pupuk ini,” perintah Jokowi kepada Menteri BUMN Rini Sumarno.

Sebatas diketahui, rombongan Presiden sampai di Pondok Langitan Tuban, Kamis (8/3/2018) sekitar pukul 16.15 Wib. Selanjutnya, rombongan Presiden menuju salah satu hotel Tuban untuk makam malam dan beristirahat.

Esok harinya Presiden melakukan panan raya jagung, dan melaksanakan shlolat Jum’at di Masjid Agung Tuban. Setelah itu menuju ke Gresik. (rohman)

Jokowi saat melakukan panen raya di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Tuban.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here