Jokowi Minta Dana Desa Terserap Maksimal

0
Jokowi. (2018 liputan6.com)

Sumatera Selatan – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan dana desa dapat digunakan secara maksimal. Sehingga, kata Jokowi, masyarakat bisa merasakan langsung dampak dari dana desa.

“Jangan biarkan uang itu kembali lagi ke Jakarta, ke kota. Hati-hati. Keinginan kita, semakin banyak perputaran uang yang ada di desa, kesejahteraan masyarakat desa akan meningkat pesat. Ini teori ekonominya seperti itu,” katanya di Palembang Sport and Convention Center, Sumatera Selatan, Minggu (25/11/2018).

Menurut Jokowi, pemerintah telah mengucurkan dana desa yang sangat besar dan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Dia mengungkapkan, pada 2015 pemerintah mengucurkan Rp 20,7 triliun kemudian 2016 Rp 47 triliun, Rp 60 triliun pada 2018 dan tahun depan ditargetkan Rp 73 triliun.

“Jadi sampai tahun ini sudah Rp 187 triliun kita gelontorkan ke desa-desa sebanyak 74 ribu desa yang ada di seluruh Tanah Air ini,” terang Jokowi.

Jokowi berharap dana desa yang ratusan triliun itu bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menumbuhkan perekonomian di desa. Nantinya, kata dia, bisa menurunkan angka kemiskinan di desa.

“Uang itu harus mutar terus di desa-desa. Nanti akan kelihatan. Kalau sudah itu bergerak, dalam 3 sampai 5 tahun akan saya survei penurunan kemiskinan berapa persen? Harusnya drastis. Penurunan stunting atau kekerdilan berapa persen? Gizi buruk hilang atau tidak hilang nanti akan kelihatan di situ,” tutup mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (Hanz Salim)

Sumber: Liputan6.com

Leave a Reply