Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan Dicopot

0
AKBP Erick Hemawan dalam jumpa pers dengan wartawan di Mapolres Kediri.

halopantura.com, Jombang – Kasus dugaan pungli (Pungutan Liar) yang menjerat Kapolres Kediri, AKBP Erick Hermawan membuatnya harus mengakhiri jabatannya sebagai orang nomor satu di Polres Kediri.

AKBP Erick Hermawan telah dicopot dari jabatannya dan digantikan oleh Kasatresnarkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Roni Faisal Saiful Faton.

Pencopotan Kapolres Kediri, AKBP Erick Hermawan itu dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

“Ya (pencopotan) dengan TR Kapolri dan digantikan oleh Kasa Resnarkoba Polrestabes Surabaya AKBP Roni,” kata Kombes Pol Frans Barung Mangera melalui aplikasi pesan WhatsApp kepada media ini, Kamis (13/9/2018) malan

Mutasi jabatan itu tertulis di surat Kapolri Nomor ST/2282/IX/KEP./2018 tanggal 12 September 2018 dan ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Eko Indra Heri atas nama Kapolri.

Dalam jabatan yang baru, Erick dimutasi sebagai perwira menengah Pelayanan Masyarakat (Yanma) Polri. Namun statusnya tidak aktif karena masih menjalani pemeriksaan.

Sebelumnya, Tim Saber Pungli Mabes Polri berhasil membongkar praktek pungutan liar (pungli) kepengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di jajaran Polres Kediri pada Sabtu (18/8/2018) lalu.

Dalam pelayanan sarana dan prasarana (Satpas), ada penarikan biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP), sementara biaya penarikannya beragam, mulai Rp 500 ribu hingga Rp 650 ribu.

Dari hasil tersebut, setiap hari uang Rp 300 ribu disetorkan kepada pegawai ASN berinisial AN. Lalu, uang tersebut dikumpulkan AN kepada oknum personel Polres Kediri berinisial Bripka IK. Selanjutnya, Bripka IK mengumpulkan uang dan diduga didistribusikan setiap minggunya ke kapolres sebesar Rp 40-50 juta.

Tak hanya kepada kapolres, uang itu diduga disetorkan kepada kasat lantas Rp 10-15 juta. Lalu, untuk Baur SIM dan KRI, mereka diduga memperoleh setoran mulai Rp 2-3 juta setiap minggunya.

Dalam operasi tersebut Saber Pungli juga mengamankan uang hasil pugli sebesar Rp 71.177.000 dari hasil praktek pungli. (fin/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here