Kapolres Tuban Ancam Pidanakan Pelaku “Serangan Fajar” di Pilkades Serentak

0
Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan menggelar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 10 Juli 2019. Dengan diikuti 273 desa tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Dalam rangka menjaga keamanan saat pelaksanaan Pilkades, Polres Tuban menyiagakan sekitar 2.500 personil gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol PP. Mereka akan disebar di masing-masing desa yang menggelar Pilkades serentak.

“Kita libatkan hampir 2.500 personil untuk mengamankan Pilkades serentak,” ungkap Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, Selasa, (2/7/2019).

Tidak menutup kemungkinan, pengamanan Pilkades Tuban nantinya juga akan dibantu personil dari Polres Bojonegoro maupun Gresik. Hal itu untuk memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan kondusif.

“Setelah rapat di Polda, kemungkinan besar untuk menghindari ke rawan yang ada. Kita nantinya akan minta bantuan Bojonegoro dan Gresik dalam pengamanan,” ungkap Kapolres Tuban.

Selain itu, Kapolres Tuban juga mengingat agar para calon kepala desa tidak melakukan praktik politik uang. Termasuk akan menindak tegas pelaku politik uang atau “serangan fajar” pada Pilkades serentak ini.

“Itu tidak boleh (politik uang,red) Jika ada informasi dari masyarakat dan anggota menemukan money politic dilapangkan, maka akan kita proses dan sanksinya pidana,” tegas Kapolres Tuban.

Menurutnya, sejauh ini tahapan pelaksanaan Pilkades serentak masih terpantau aman dan kondusif. Serta dimasing-masing kecamatan telah dihimbau untuk membuat deklarasi damai sebelum pelaksanaan Pilkades.

“Deklarasi itu untuk menjamin pelaksanaan Pilkades serentak berjalan damai,” jelas Perwira Jebolan Akpol angkatan 2000.

Lebih lanjut, Polres Tuban juga memberikan ultimatum buat siapa saja yang membuat onar pada Pilkades ini akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

“Kita ingatkan kepada masyarakat jangan sampai berbuat tindakan-tindakan yang inkonstitusional, jika ada akan kita tindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” jelas Kapolres Tuban.

Sebatas di ketahui, Pemkab Tuban telah mengucurkan anggaran sekitar Rp 9,4 miliar dari APBD Tuban untuk pelaksanaan Pilkades serentak.

Pada Pilkades tahun ini diikuti oleh 273 Desa dengan jumlah calon sebanyak 668 calon kepala desa (Cakades). Terdiri dari 548 calon laki-laki dan 120 calon perempuan. (rohman)

Leave a Reply