Kartu Tani Permudah Distribusi Pupuk Bersubsidi

0
Para petani sedang membasmi hama padi. (Atmo)
Para petani sedang membasmi hama padi. (Atmo)

halopantura Tuban – Ribuan petani Kabupaten Tuban akan menerima kartu tani dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Kartu tersebut dapat digunakan dalam pedoman untuk penyaluran pupuk bersubsidi dari Pemerintah yang biasanya sering ada masalah setiap tahunnya dalam penyaluran pupuk itu.

Diharpakan dengan kartu tersebut penyaluran pupuk bisa berjalan dengan baik. Serta para petani pemekang kartu itu akan mendapat kemudahan dalam memperoleh penyaluran keuangan atau bantuan usaha tani berupa modal usaha.

“Penerbitan kartu tani ini dari Kementrian Pertanian. Untuk wilayah Tuban sudah di data sekitar ada 205.000 petani yang akan mendapatkan kartu itu. Rencana  kartu tersebut juga untuk solusi keuangan, tapi saat ini kita fokus pada penyaluran pupuk dulu,” kata Budi Wiyana, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban.

Budi Wiyana melanjutkan bahwa Pemkab Tuban sangat mendukung program tersebut. mengingat Kabupaten Tuban mayoritas penduduknya berkerja sebagai petani.

“Lahan pertanian di Tuban juga berpotensi besar. Sehingga ini yang perlu digarap secara serius. Selain itu, program ini juga bermitra dengan bank milik negara,” jelas Budi Wiyana.

Sementara itu, pimpinan bank BNI Tuban, Bintara, dalam sambutanya mengungkapkan komitmen kerja sama itu. Karena dengan program tersebut dapat membatu pemerintah dalam mengawal program pertanian

“Terjadwal bulan Mei kartu tersebut sudah dibagikan ke para petani. ini juga membantu swasembada pangan nasional,” terang Bintara. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan