Kekosongan Pengurus, Pemkab Tuban Minta Kegiatan HUT Kelenteng Ditunda

0
Banner HUT YM Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1859 terpasang di pintu masuk Kelenteng Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban akan menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) YM Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1859 pada Kamis 25 Juli 2019. Namun kegiatan itu terancam gagal lantaran pemerintah setempat meminta agar acara itu ditunda.

Alasan penundaan acara itu karena di tubuh Kelenteng Tuban masih terjadi kekosongan pengurus sejak tahun 2013 silam sampai saat ini disebabkan tidak ada pelantikan pengurus. Penundaan itu disampaikan melalui surat Bupati Tuban yang ditanda tangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban Budi Wiyana.

Salah satu poin ke lima dalam surat itu berisi, perintah yang ditujukan panitia kegiatan agar menunda pelaksanaan HUT YM Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1859 sampai terbentuknya kepengurusan yang definitif. Adanya surat itu dibenarkan oleh Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban, Rohman Ubaid, Kamis, (11/7/2019).

Ia menjelaskan maksud dari surat itu berkaitan dengan himbauan agar peringatan HUT YM Kongco Kwan Sing Tee Koen yang berkaitan dengan hiburan untuk dipertimbangkan kembali pelaksanaannya. Karena kepengurusan di Kelenteng belum pasti atau belum definitif.

“Jika terjadi sesuai terkait kegiatan hiburan karena melibatkan massa banyak, siapa nanti yang bertanggung jawab (kepengurusan kelenteng masih kosong, red). Itu himbauan bukan larangan agar dipertimbangkan, khususnya adanya hiburan,” ungkap Rohman Ubaid.

Mantan Camat Jenu itu menambahkan kalau berkaitan dengan kegiatan ibadah yang menyangkut umat dalam perayaan tetap berjalan sebagai mestinya. Sebab, itu hak dari masing-masing umat untuk menjalankan ibadahnya.

“Kalau ibadah yang tidak di tunda karena itu hak umat. Ibadah tetap berjalan, karena kita tidak menyentuh ke sana,” tegas Rohman Ubaid.

Menanggapi hal itu, Gunawan Putra Wirawan Ketua TITD Kwan Sing Bio Tuban, masih enggan berkomentar. Termasuk beberapa kali dihubungi di nomor 08133074xxxx juga tidak diangkat, hanya terdengar nada masuk.

Hingga berita ini selesai di tulis, belum ada jawaban resmi dari pihak Kelenteng Tuban terkait adanya surat dari Bupati Tuban tersebut.

Dalam acara itu, sesuai dengan banner yang terpasang di pintu masuk Kelenteng ada beberapa hiburan. Seperti panggung musik dengan artis dari Ibu kota Jakarta, Surabaya, dan berbagai lainnya. (rohman)

Salah satu isi surat.

Leave a Reply