Kera Sakti Sun Go Kong Ramaikan Kirab Klenteng Tuban

1
Salah satu kostum sun go kong dalam kirab Klenteng Tuban.

halopantura.com Tuban – Kirab yang digelar TITD Kwan Sing Bio Tuban berjalan dengan penuh semarak dengan beragam pakaian kostum yang unik, Minggu, (5/8/2018)

Kirab itu diikuti sebanyak 60 klenteng se-Indonesia dengan membawa patut dewa yang diarak jalan kaki melewati jalan Kota Tuban. Diantaranya, melewati jalan Panglima Sudirman, WR Supratman, Basuki Rahmat, Jalan Diponegoro, lalu kembali ke klenteng.

“Acara ini dalam rangka untuk memperingati HUT YM Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1858, dengan agenda ritual sembahyang dan kirab” kata Gunawan Putra Wirawan Ketua Umum Klenteng Tuban.

Kirab tersebut mampu menyedot perhatian para masyarakat Tuban untuk menyaksikan acara itu. Salah satunya karena peserta kirab memakai beragam kostum kerajaan Cina.

Salah satu kostum yang unik adalah kelompok kera sakti, yang menampilkan karakter Go Kong, Pat Kai hingga Wu Ching dan biksu tong.

Tidak hanya kostum, semua riasan dan make hingga perlengkapan seperti senjata dan lainnya dibuat sangat mirip. Hal inilah yang membuat peserta ini jadi bahan buruan masyarakat untuk mengabadikan dengan berfoto.

“Kirab ini sangat sukses, dengan antusias para penonton, dan peserta kirab,” tambah Gunawan Putra Wirawan.

Menurutnya, kirab ini diikuti 60 peserta dari Klenteng se-Indonesia, seperti dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara, Palembang, Makassar, dan beberapa daerah lainnya. Tetapi yang ikut kirab dengan jalan kaki sebanyak 56 peserta.

“Salah satu tujuan kirab ini supaya jalan yang dilalui bisa bersih dan lancar, termasuk masyarakat Tuban lebih bisa makmur,” terang Gunawan panggilan akrabnya.

Pemberitaan sebelumnya, sebelum dilaksanakan kirab ada konser Bunga Citra Lestari (BCL) di halaman Klenteng, Sabtu malam, (4/8/2018).

Baca : https://www.halopantura.com/bunga-citra-lestari-obati-kerinduan-masyarakat-tuban/

Konser itu mampu mengobati kerinduan masyarakat Tuban, dan masyarakat begitu menikmati konser BCL tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan lelang kalung Klenteng Tuban. (rohman)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here