Kerugian Rp 350 Juta, 8 Kios Pasar Pahing Ludes Terbakar 

0
Kondisi kobaran api di lokasi kejadian. (Piping Dian Permadi)

halopantura.com, Bojonegoro – Kebakaran hebat melanda pasar pahing yang terletak di RT 1/1 Dusun Tempel/Krajan Desa Balongrejo Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Senin malam (01/1/2018) sekira pukul 23.30 Wib. Kobaran api langsung membesar dan merambat dengan cepat, menghanguskan setidaknya 8 kios milik pedagang.

Berdasarkan keterangan saksi mata dalam kejadian tersebut, Suyanto (52) seorang warga Dusun Mindi, Desa Sugihwaras mengatakan, dirinya mendengar suara gaduh dan kepulan api yang sudah terlihat membumbung tinggi, sehingga dirinya turut mendatangi lokasi kejadian tersebut.

Pasar yang sudah berjalan selama sepuluh tahun dan kondisi pembelinya cukup ramai di setiap harinya itu, mengalami kebakaran yang diduga karena konsleting listrik. Kios yang terbakar adalah kios yang berjualan kelontong, toko kain, LPG dan warung makanan itu, bagian utaranya hangus terbakar setelah di lalap si Jago merah itu.

“Api tiba-tiba sudah membesar,” kata salah satu warga dilokasi kejadian.

Petugas damkar pos Temayang mendapatkan laporan sekitar puul 23.31 wib dan tiba dilokasi pukul 23.57 wib. Petugas damkar Dibantu anggota Polsek Sugihwaras, anggota Koramil Sugihwars, anggota Satpol PP Sugihwaras, saat memadamkan kebakaran.

Api baru dapat dipadamkan pada hari Selasa dini, (1/1/2017), sekitar  02.16 Wib dengan mengerahkan 2 unit mobil damkar dari Pos Temayang dibantu 1 unit mobil dari Pos Kota dengan 9 personil.

Sebelum mobil damkar tiba di lokasi kejadian, Babinsa Balongrejo Sutrisno bersama warga setempat berusaha memadamkan kebakaran dengan air dan alat sedanya.

Setelah itu baru datang 2 (dua) unit damkar dan disusul 1 (satu) lagi unit mobil dari pos kota dan datang ke TKM (Tempat Kejadian Musibah).

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut akan tetapi diperkirakan kerugian materi mencapai mencapai Rp 350 juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro Andik Sujarwo, melalui Kasi operasi Sukirno membenarkan adanya musibah kebakaran yang terjadi di Desa Balongrejo, Sugihwaras.

“Dua unit mobil damkar dari Pos Temayang, sudah menuju ke lokasi kejadian musibah. Selanjutnya, disusul satu lagi mobil damkar yang turut memadamkan musibah kebakaran tersebut,” tegas pria yang akrab disapa Mas Kirno itu.

Selain personil Damkar, turut membantu memadamkan kebakaran tersebut, anggota Polsek Sugihwaras, anggota Koramil Sugihwaras, Satpol PP Kecamatan Sugihwaras serta warga sekitarnya.

Adapun jumlah kios yang terbakar 8 kios dengan data pemilik sebagai berikut :

1. Arifin / Agus al.Desa Balongrejo-Toko sepatu sandal
2. Karsi al.Desa Genjor Sugihwaras-Warung makan
3. Ani al.Desa Setiaji Kec. Sukosewu-Toko Bangunan
4. Warto al.Desa Balongrejo kosong (2 kios)
5. Pujo al.Desa Sidobandung Kec. Balen-Toko elektronik
6. Tarji al.Desa Bulu Kec. Sugihwaras- Toko sembako
7. Kusnadi al.Desa Balongrejo Kec. Sugihwaras-Toko Konvensi.

(dian/roh)

Tinggalkan Balasan