Kesenian Tongklek Tuban Ramaikan Ngaji Budaya NU

0
Suasana tongklek ketika diatas panggung.

halopantura.com Tuban – Kesenian tongklek meramaikan kegiatan ngaji Budaya di halaman kantor PC NU Tuban, yang di hadiri Bupati Tuban, H. Fathul Huda. Ratusan warga dari berbagai dearah larut dalam pengajian budaya tersebut, Minggu malam, (21/5/2017).

Ketua Pengurus Pusat (PP) Lembaga Seniman Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU, KH. Agus Sunyoto, hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai penceramah dalam kegiatan ngaji tersebut. Kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Nahdhatul Ulama (NU) ke 94.

KH. Agus Sunyoto dalam acara itu menyoroti tentang pentingnya menjaga budaya Indonesia untuk tetap lestari ditengah – tengah masyarakat. Karena dengan budaya sebuah negara akan kuat dan tetap bertahan.

“Untuk menunjukkan identitas sebagai jati diri sebuah bangsa, maka diperlukan nguri-nguri budaya. Salah satunya seperti acara ini,” pesan dihadapan para hadirin.

Sementara itu, Ketua PC Lesbumi NU Tuban, Muhammad Zainuddin, mengatakan, Lesbumi ini merupakan wadah bagi budayawan yang berada dibawah naungan NU. Serta lembaga ini secara tegas menolak gerakan radikal yang dapat mengacam NKRI.

“Lesbumi siap menjadi garda depan untuk menjaga kedaulatan NKRI,” ungkap di atas panggung.

Dalam acara itu, Muhammad Zainuddin, mengingatkan bahwa semakin kedapan tantangan semakin berat. Sehingga mari mencintai budaya bangsa Indonesia dan menjaga persatuan bangsa ini, terkhusus untuk kemajuan Kabupaten Tuban.

“Islam itu rahmatan lilalamin. Jangan sampai islam radikal berkembang di bumi wali,” tambahnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan