Komisi B DPRD Tuban Dorong Pemkab Atasi Harga Cabai

0
Salah satu pedagang cabai di Tuban. (Musyafa')
Salah satu pedagang cabai di Tuban. (Musyafa')

Halopantura.com Tuban – DPRD Kabupaten geram dengan harga cabai rawit merah yang masih berada di kisaran Rp 150 ribu per kilo gram di pasaran Tuban. Sehingga dewan mendorong pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk melakukan oprasi pasar untuk menekan harga cabai, Selasa, (21/2/2017).

Ketua Komisi B DPRD Tuban, Karjo mengatakan, tingginya harga caba ini menyulitkan konsumen karena pembeli semakin tidak terjangkau. Selain itu, dampak itu juga dialami para pedagang cabai di pasar yang mengalami penurunan omset penjualan.

“Kondisi seperti itu harsu diperhatikan Pemkab Tuban dan bergerak cepat untuk mencari solusi, serta dinas terkait turun kelapangan atau sidak langsung di pasar,” terang politisi asal PDIP itu.

Menurutnya, sampai saat ini Pemkab Tuban kurang bertindak cepat dalam mengatasi persoalan harga cabai. Padahal mahalnya harga cabai ini sudah dirasakan lebih dari dua bulan terakhir.

“Dalam waktu dekat kita akan segera berkomunikasikan dengan dinas terkait, jangan sampai ini terkatung-katung, kasihan konsumen dan pedagangnya,”  jelas Karjo.

Lebih lanjut, pemerintah saat ini juga sudah mulai memiliki konsep dalam rangka mengatur tata niaga cabai yang dinilai masih lemah. Sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi pada tahun depan atau segeran terselesaikan masalahnya.

“Pola tanam petani mestinya juga diatur, agar saat musim cabai tidak over produksi dan musim lainnya sangat kekurangan,” tambah Karjo. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan