Komisi IV DPRD Tuban: Puskesmas Plumpang Mampu Berikan Pelayanan Maksimal

0
Ketua Komisi IV DPRD Tuban Hj. Tri Astuti (tengah) ketika berada Puskesmas Plumpang.

halopantura.com Tuban – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban mengapresiasi pelayanan yang ada di Puskesmas Plumpang, Kabupaten Tuban. Pasalnya, sejauh ini pelayanan kesehatan disana telah berjalan secara maksimal buat pasien dan masyarakat.

Catatan itu disampaikan Hj. Tri Astuti Ketua Komisi IV DPRD Tuban, usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) di UPTD Puskesmas Plumpang, Rabu, (9/10/2019). Kegiatan itu dilakukan untuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan di puskesmas setempat.

“Puskesmas Plumpang dengan akreditasi utama mampu memberikan pelayanan secara maksimal, dan ini harus dipertahankan dengan baik,” ungkap Hj. Tri Astuti kepada wartawan ini, Kamis, (10/10/2019).

Selain pelayanan, politisi senior asal Partai Gerindra itu juga menyampaikan inovasi program di Puskesmas Plumpang telah berjalan dengan baik. Sehingga banyak memberikan kontribusi terhadap mutu layanan dasar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Puskesmas Plumpang selain melayani rawat inap dan UGD 24 Jam juga memiliki inovasi program pasien stroke dengan membentuk paguyuban yang anggotanya lebih dari 65 pasien stroke. Hal itu sangat bagus,” terang Hj. Tri Astuti anggota dewan yang terpilih dari Dapil II meliputi Kecamatan Plumpang, Widang, dan Palang.

Ia menambahkan pihak Puskesmas Plumpang juga siap meningkatkan layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sehingga bisa mengelola keuangan secara mandiri berikut rekrutmen tenaga kerjanya.

“Semoga 2021 semua puskesmas di Kabupaten Tuban bisa BLUD,” harap Ketua DPC Gerindra Kabupaten Tuban itu.

Namun begitu, Hj. Tri Astuti juga menjelaskan persoalan yang saat ini dihadapi Puskesmas Plumpang. Diantaranya Puskesmas Plumpang membutuhkan perluasan lahan mengingat  puskesmas rawat inap dan Poned ini lahannya sangat sempit.

“Puskesmas Plumpang butuh relokasi, mobil jenazah, perawat gigi karena tahun depan sudah pensiun,” jelasnya.

Tak hanya kunker di Puskesmas Plumpang, rombongan Komisi IV DPRD Tuban juga melakukan kunker ke Puskesmas Kerek. Disitu, dewan berharap agar puskesmas Kerek kedepan dapat melakukan penambahan beberapa layanan.

Baca : https://www.halopantura.com/demi-kualitas-pelayanan-komisi-iv-dprd-tuban-harapkan-puskesmas-kerek-ada-igd-24-jam/

Tambahan pelayanan itu diantaranya pelayanan IGD 24 jam, pelayanan persalinan 24 Jam, pelayanan rawat inap, dan adanya mobil jenazah.  (rohman)

Tinggalkan Balasan