Kompetisi Nasional, Fotografer Tuban Juara Lomba Foto Pasca Tambang Industri Semen

1
Foto juara satu milik Ghofuur terlihat di background. (rohman)
Foto juara satu milik Ghofuur terlihat di background. (rohman)

halopantura.com Tuban – Fotografer kelahiran Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Ghofuur Eka Ferianto, menyabet juara pertama dalam lomba foto di kawasan lahan pasca tambang pabrik Semen Gresik yang berada di Kabupaten Tuban. Kompetisi fotografer itu diselenggarakan PT. Semen Indonesia, bertajuk Green Industry Photohunt 2017, selama dua hari, sejak Kamis (18/5/2017) sampai Jum’at, (19/5/2017).

Melalui lensa kemeranya, pria asal Tuban itu berhasil menyisihkan pendaftar sebanyak 545 fotografer dan penyuka fotografi yang berasal dari seluruh tanah air. Dari jumlah pendaftar itu, di seleksi menjadi 25 peserta untuk hunting foto di kawasan pabrik Semen Gresik di Tuban.

Setelah menjalani sekeksi, akhirnya Ghofuur keluar sebagai juara satu dalam perlombaan itu. Sedangkan juara dua disebet Ares Jonekson Saragi asal Medan, dan juara tiga diraih Sukirman asal Makassar.

“Saya bersyukur foto saya terpilih,” ungkap Ghofuur, usai menerima piala dan uang pembinaan di pabrik semen Tuban.

Pria yang bekerja di Surabaya itu mengaku tidak memiliki firasat bahwa foto yang bergambar lahan tambambang dengan pengijauan akan keluar sebagai sebagai foto terbaik. Karena dua foto lainnya juga masuk dua puluh besar dalam penilaian tiga dewan juri, yakni Oscar Motuloh (Antara), Yuyung Abdi (Jawa Pos), dan Sigit Wahono (PT. Semen Indonesia).

“Foto itu merupakan pilihan saya terakhir saat saya kirim ke panitia, karena dua foto saya juga masuk dalam dua puluh besar,” terang Ghofuur.

Menurutnya, foto yang terpilih itu menceritakan bahwa perusahaan Semen disini tidak hanya Eksploitasi Sumber Daya Alam saja. Tetapi perusahan Semen juga melakukan penghijaun dilahan pasca tambang.

“Itu yang tegambar dalam foto saya dengan teman lingkungan lahan pasca tambang di pabrik Semen Tuban,” ungkapnya.

Sementara itu, Rizkan Candra, Direktur Utama Semen Indonesia, mengatakan kegiatan tersbeut merupakan wadah untuk belajar dan berlomba bagi fotografer dan penyuka fotografi diseluruh penjuru tanah air. Serta sebagai sarana edukasi tentang pengelolaan kawasan pasca tambang dalam industri Semen.

“Pada masa mendatang, Semen Indonesia Green Industry Photohuunt diharapkan mampu menjadi cikal bakal ajang fotografi yang bergengsi dan menjadi ikon Industry hijau,” terang Rizkan Candra.

Selama dua hari, sebanyak 25 peserta dari berbagai wilayah itu diberikan beberapa spot foto di sekitar pabrik semen Tuban. Mulai dari green belt batu kapur, embung dan beberapa tempat lainnya.

“Setiap peserta (25 orang, red) diberikaan edukasi mengenai pengelolaan lahan kawasan pasca tambang dalam industri semen,” tambah Rizkan Candra. (rohman)

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan