Kota Santri Jombang Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

0
Nyono Suharli Bupati Jombang Menunjukkan Penghargaan dari Menkum HAM. (Kominfo)

halopantura.com Jombang – Kabupaten Jombang dinilai menjadi salah satu Kabupaten yang peduli HAM.  Untuk ketiga kalinya ini, Kota Santri ini meraih penghargaan sebagai kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat nasional tahun 2017 dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Sebelumnya, tahun 2015 dan tahun 2016 lalu juga menerima penghargaan serupa.

Penghargaan diterima oleh Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko dari Menkum HAM Yasonna H Laoly pada peringatan hari HAM se Dunia ke 69 tahun 2017 di Ballroom Hotel The Sunan, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (10/12/2017) kemarin.

Kepala Bagian Hukum Setdakab Jombang, Agus Purnomo menjelaskan, penghargaan ada beberapa penilaian telah melebihi capaian atas Parameter Kepedulian HAM yang terbagi atas tujuh item, yakni Hak Atas Kesehatan, Hak atas pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas Pekerjaan, Hak atas Perumahan dan Hak atas Lingkungan yang berkelanjutan.

Bupati Jombang, Nyono Seherli, mengungkapkan, penghargaan itu bentuk apresiasi Presiden melalui menteri Hukum dan HAM atas konsistensi memperjuangkan rasa keadilan di tengah masyarakat.

“Alhamdulilah, ini merupakan hasil dari kerja keras tim Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Ranham) dan seluruh SKPD terkait di Kabupaten Jombang dalam menegakkan HAM,”ujar Nyono, Senin (11/12/2017).

Dirinya mengajak semua elemen untuk kerja bersama dan tetap menghadirkan keadilan HAM dan sosial bagi seluruh masyarakat Jombang.

“Mari kita bersama lebih menghargai HAM. Dimana kita semua mengacu pada aturan yang sudah diatur negara dan kita harus hargai itu,” tuturnya. (fin/roh)

Tinggalkan Balasan