KPU Tuban Target Partisipasi Pemilih di Pilgub Jatim Capai 75 Persen

0
Ilustrasi. (foto: Republika/Raisan Al Farisi)

halopantura.com Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban memiliki target partisipasi pemilih pada Pilgub Jatim 2018 mencapai 75 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Tuban sebanyak 925.104 pemilih.

“Kita punya target untuk Tuban minimal 75 persen partisipasi pemilih pada Pilgub Jatim,” kata Komisioner KPU Tuban divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yayuk Dwi A, Sabtu, (9/6/2018).

Target itu diklaim penyelanggara pemilu sangat realistis, karena KPU Tuban mengaku terus melakukan sosialisasi sampai ke tingkat bawah. Upaya itu dilakukan untuk mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

“Kita terus berupaya melakukan sosialisasi pendidikan pemilih yang dilakukan secara masif guna meningkatkan partisipasi pemilih,” jelas Yayuk panggilan akrab Komisioner KPU Tuban itu.

Kenapa sacara masif, Yayuk menjelaskan karena saat ini KPU punya jajaran penyelenggaran di tingkat Kabupaten sampai dengan TPS. Artinya mereka semua dapat melakukan gerakan untuk menyampaikan informasi terkait datang ke TPS.

“Gerakan ayo nyoblos dan tolak golput juga sudah kita lakukan secara berjenjang,” tegas Yayuk.

Lebih lanjut, sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilgub Jatim terus dilakukan sampai dengan pagi hari menjelang pemungutan suara. Bahkan, nantinya (pagi hari jelang pemungutan suara,red) meminta bantuan kepada RT atau RW untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk datang ke TPS.

“Menyapaikan informasi, salah satunya dengan menggunakan pengeras suara, baik yang ada di mushola atau masjid guna mengingatkan masyarakat pada pagi hari menjelang pemungutan suara,” terangnya.

Sebatas diketahui, Pilgub Jatim 2018 diikuti dua pasangan calon (Paslon). Dengan paslon urutan pertama Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, diusung enam parpol diantaranya Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Nasdem, dan Hanura

Paslon nomor urut dua Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Pramatha Puspa Seruni Paundrianagari alias Puti Guntur Soekarno. Mereka diusung PKB, PDIP, PKS dan Gerindra.

Serta dari DPT Tuban tersebut terdiri dari 456.515 pemilh laki-laki dan sisanya 468.589 merupakan pemilih perempuan. Seluruhnya tersebar di 328 desa/kelurahan yang ada di 20 Kecamatan di wilayah Kabupaten Tuban.

Sementara untuk jumlah pemilh terbanyak, berada di Kecamatan Semanding, dengan jumlah DPT mencapai 83.406 pemilih. Serta terendah adalah Kecamatan Kenduruan dengan jumlah 22.463 orang dengan jumlah 55 TPS. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here