KPUD Bojonegoro Gelar Simulasi Pemilih Pemula

0
Simulasi pencoblosan bagi pemilih pemula di Bojonegoro. (Galuh Setiyadi)

halopantura.com Bojonegoro – Puluhan pelajar tingkat yang termasuk golongan pemilih pemula nendapat pembekalan dari petugas Komisi Pemilihan Umum Daerah (KUPD) Kabupaten Bojonegoro. Pembekalan itu terkait dengan tata cara pencoblosan pada pemilu mendatang.

Selain itu, para pelajar tersebut juga diberikan pembinaan agar mampu memberikan hak suara secara tepat pada 27 Juni 2018 mendatang. Simulasi tata cara pencoblosan ini dilaksanakan di ruang pertemuan KPUD Bojonegoro dan diikuti sebanyak 59 pelajar dari 29 sekolah di Kecamatan Kota Bojonegoro, Kamis (01/02/2018).

Moch. Syafiq, Sekretaris KPUD Bojonegoro menjelaskan, para pelajar yang termasuk golongan pemilih pemula ini diberikan cara proses pencoblosan dalam Pemilu, diantaranya mulai dari pendaftaran, pengambilan surat suara, proses pencobolan dan pemberia tinta pada jari kelingking.

“Sosialisasi bertujuan mencegah para pemilih pemula dari keabsenan memberikan hak suara atau golput. Selian itu, para pelajar juga diberikan pembinaan hak sebagai warga negara pada pesta Pilkada dan Pemilu lima tahunan,” katanya.

Simulasi dan sosialisasi tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih pemula untuk mencoblos dan memberikan hak demokrasi pada pemilu tahun ini. Para pelajar peserta simulasi mengaku akan memberikan hak suaranya pada pencoblosan 27 Juni nanti. (luh/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here