KTNA Jombang Bahas Lima Isu Penting

0
Forum Rembug KTNA Jombang. (Z Arifin)

halopantura.com Jombang – Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Jombang menggelar pertemuan dalam forum Rembug Daerah. Kegiatan itu untuk membahas isu ataupun permasalahan para petani saat ini, Rabu (7/3/2018).

Hadir dalam forum tersebut, para pengurus dan anggota KTNA Kabupaten dan tingkat kecamatan, serta dihadiri Ketua KTNA Jawa Timur, Suyanto.

Ketua KTNA Kabupaten Jombang, Erwin Burhan menyampaikan, ada beberapa isu krusial yang terjadi saat ini. Berharap disepakati bersama untuk diusulkam pada pihak terkait.

Yang pertama, harga komoditi pangan yang naik turun terutama pada saat jual atau musim panen raya. Kemudian yang kedua kelangkaan pupuk untuk komoditi pangan, karena kurang ketersediaan pangan pada waktu itu. Sedangkan yang ketiga, tingginya harga pupuk kimia.

“Keempat, kurang difungsikannya bantuan alat mesin pertanian (al sintan) dari pemerintah. Serta kelima tingginya biaya produksi terutama untuk tenaga kerja,” kata Erwin Burhan.

Untuk KTNA Jombang, lanjut Erwin, juga telah membentuk koperasi KTNA, meskipun itu belum berjalan maksimal. Diharapkan, semua itu bisa menjadi wadah petani maupun nelayan dan mampu menjawab atau paling tidak bisa menjembatani permasalahan yang ada.

Sementara, Suyanyo Ketua KTNA Jawa Timur lebih banyak menyampaikan tentang penyuluh. Menurut dia, KTNA banyak SDM (Sumber Daya Manusia) yang mampun untuk menjadi penyuluh swadaya.

“Tahun 2018, KTNA bisa merespon dan menggerakkan penyuluh swadaya. Untuk Operasional support dari APBN, dan APBD. Penyuluh swadaya sangat Strategis. Memiliki kabupaten/ kota sehat, terutama yang memiliki SDM sebagai penyuluh,” tandas mantan Bupati Jombang dua periode ini. (fin/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here