Lagi, Satu PSK di Bojonegoro Positip HIV, Masyarakat Diminta Waspada

0
Proses pemeriksaan terhadap PSK Bojonegoro. (Galuh Setiyadi)

halopantura.com Bojonegoro – Tiga Pekerja Seks Komersial (PSK) yang terjaring Satpol PP Kabupaten Bojonegoro, Rabu (09/08/2017) malam menjalani tes kesehatan dan tes darah yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Kamis (10/08/2017). Hasil dari tes kesehatan tersebut, satu PSK dinyatakan positip terindikasi HIV. Hal itu dibuktikan dengan alat tes pack dari Dinkes Kesehatan Bojonegoro.

Dr Whenny Dyah P, Bidang pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Seksi Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro menjelaskan PSK yang dinyatakan positip HIV tersebut langsung diberikan konseling atau konsultasi serta diberikan pembinaan untuk tidak merasa terkucilkan. Satu PSK yang positip HIV itu berinisial WT (50) asal Malang.

“Setelah kita lakukan tes kesehatan dan tes darah, pada alat tes pack menunjukan jika satu PSK positip HIV. Kita langsung berikan pembinaan supaya tetap semangat hidup dan tidak merasa terkucilkan,” katanya.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes darah, tiga PSK langsung dibawa ke Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro untuk diberikan pembinaan lebih dalam. Dari tiga PSK, dua PSK sudah berkali-kali terjaring operasi Satpol PP di Rel Bengkong (RBK) Jalan Pondok pinang, Desa Sukorejo Kecamatan Kota Bojonegoro.

“Dua PSK sebelumnya sudah pernah terjaring, setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes darah mereka kami serahkan ke Dinas Sosial untuk diberikan pembinaan lebih dalam lagi,” ujar Beni subiakto, Kabid Sumber Daya Aparatur Satpol PP Kabupaten Bojonegoro.

Sementara data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, selama akhir Desember 2016 sampai Agustus 2017 PSK yang dinyatakan positip HIV berjumlah 20 orang. PSK yang terindikasi HIV itu rata-rata dari eks Lokalisasi Kalisari Kecamatan Trucuk, Pasar hewan Kelurahan Banjarejo dan sekitar Rel Bengkong Desa Sukorejo Kecamatan Kota Bojonegoro. (luh/roh)

Tinggalkan Balasan