Lebaran Hari Ketiga, Pengunjung Lapas Bojonegoro Membludak

0
Para pengunjung memadati halaman Lapas Bojonegoro. (Galuh Setiyadi)

halopantura.com Bojonegoro – Memasuki hari lebaran ke tiga, pengunjung Lapas Kelas II A Bojonegoro masih ramai memadati halaman, Selasa (27/06/2017). Terlihat puluhan keluarga ikut mengantri dan berkumpul di aula Lapas untuk bersilaturahmi dengan keluarga mereka yang menjadi narapidana.

“Hingga hari  ini keluarga binaan yang datang ke Lapas masih membludak,” ujar  Kepala Keamanan Lapas Klas II A Bojonegoro,  Mochamad Kaffi.

Diungkapkannya, sejak awal lebaran hingga hari ini jumlah pengunjung mencapai ratusan orang tiap harinya. Sesuai dengan daftar pengunjung Lapas, jumlah yang menjenguk para narapidana itu rata-rata antara 500 orang sampai 800 orang dalam sehari.

Para pengunjung tersebut hanya sekedar bertemu dan mengobrol dengan keluarga yang menjadi narapidana. Dengan banyaknya pengunjung,keamanan Lapas harus dijaga ekstra ketat. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, serta pihak Lapas Klas II A Bojonegoro menambah personil dari seluruh petugas Lapas.

“Ada penambahan personil piket besukan dibantu dari staff kantor. Seluruh petugas kami kerahkan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan. Kalau lebaran seperti ini pasti rawan tindakan-tindakan yang tidak diinginkan,” ucap Kepala Keamanan Lapas Klas II A Bojonegoro.

Guna mencegah pelarian, setiap pengunjung yang datang ke Lapas wajib membawa kartu identitas baik KTP maupun KK. Kemudian identitas tersebut diserahkan ke petugas Lapas untuk disita. Setelah selesai berkunjung, kartu identitas tersebut dikembalikan. Selain itu, setiap barang bawaan pengunjung juga dilakukan pemeriksaan oleh petugas dengan beberapa tahap.

“Demi keamanan, setiap pengunjung wajib membawa kartu identitas dan kami sita, setelah selesai berkunjung kami kembalikan. Untuk barang bawaan kami periksa beberapa tahap yang dilakukan oleh tiga petugas jaga. Mulai depan, tengah dan sebelum masuk ke aula,” terang Moch. Kaffi.

Sementara itu, selama lebaran, jam besuk ditambah satu jam. Hari biasa jam besuk sampai dengan pukul 12.00 Wib. Selama lebaran jam besuk sampai dengan pukul 13.00 Wib.  (luh/roh)

Tinggalkan Balasan