Lestarikan Budaya Indonesia, Lapas Tuban Gelar Lomba Menyanyi Lagu Daerah

0
Salah satu peserta lomba menyanyikan lagu tradisional begitu semangat di Lapas Tuban.

halopantura.com Tuban – Suasana pagi hari di halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Tuban nampak berbeda dibanding hari biasanya. Karena didalam halaman terdengan suara merdu para narapidana yang sedang membawakan lagu-lagu tradisional atau daerah, Selasa, (14/8/2017).

Sambil diiringi pemain tunggal keyboard, para narapidana perempuan dan laki-laki begitu antusias membawakan lagu tradisional dihadapan narapidana yang lainnya dan keluarga napi yang menjenguk di Lapas. Suasana acara semakin semarak dengan kostum unik yang dipakai para napidana ketika tampil.

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 dengan menggelar lomba menyanyikan lagu daerah antara warga binaan. Dengan mengangkat tema besar “Merdeka jiwa raga, berkarya untuk Indonesia,”

“Kegiatan ini serangkaian acara dalam rangka menyambut Dirgahayu RI ke-72. Saat ini ada lomba menyanyikan lagu daerah dan dilakukan serentak diseluruh Indonesia,” terang Wenda Indra Bachtiar, Humas Kasubsie Regbimas Lapas Tuban.

Peserta lomba itu beregu dengan membawakan lagu daerah minimal tiga judul lagu. Hal itu untuk menumbuhkan kecintaan terhada lagu-lagu daerah dan membentuk jiwa nasionalismen pada para narapidana.

“Menyanyikan lagu daerah ini untuk lebih mengenal lagu-lagu daerah dan menumbuhkan rasa cinta terhadap lagu Indonesia. Terlebih menumbuhkan sikap nasionalisme pada diri warga binaan,” terang Wenda panggilan akrab Humas Lapas itu.

Menurutnya, lagu – lagu daerah merupakan kekayaan warisan budaya yang harus dilestarikan dan dikembangkan ditengah-tengan masyarakat. Salah satu upaya untuk melestarikan budaya itu dengan mengadakan lomba seperti ini pada warga binaan.

“Puncak acara kegiatan dalam rangka HUT RI ini adalah saat upacara hari Kemerdekaan di dalam Lapas,” jelas Wenda.

Sementara itu, salah satu peseta Intan (nama samaran) mengaku senang mengikuti lomba menyanyikan lagu daerah. Karena banyak pesan yang didapat dari menyanyikan lagu-lagu tradisonal tersebut.

“Banyak manfaat dan pesan dari lirik lagu ini (lagu daerah, red) dan teman-teman sejak latihan sampai lomba sangat senang,” kata Intan didalam Lapas Tuban.

Sebelumnya, panitia Lapas Tuban juga telah menyelenggarakan berbagai perlombaan antar warga binaan. Hal itu untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan para narapidana ikut merayakan hari Kemerdekaan Indonesia.

Baca : http://www.halopantura.com/narapidana-terhibur-kemerihan-menyambut-hut-ri-di-lapas-tuban/

(mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here