Masalah Puntung Rokok, Kandang Ayam di Jombang Habis Dilalap Si Jago Merah

halopantura.com Jombang – Sebuah kandang ayam milik Muhammad Soim, di Dusun Genjong Kidul, Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, ludes dilahap si jago merah, Minggu (25/9/2022) sekitar pukul 11.40 Wib.

Kebakaran itu diduga karena puntung rokok yang di buang di serbuk gergajian. Atau juga warga iseng membakar limbah pertanian di sekitar lokasi.

Hembusan angin membuat api dengan cepat membesar dan membakar bangunan semi permanen yang sedang bersiap akan diisi sebanyak 6000 ekor anak ayam pedaging.

Kebakaran kandang dilaporkan ke pemadam kebakaran Kabupaten Jombang setelah warga dan pemilik gagal mematikan si jago merah dengan peralatan seadanya.

Kala itu, kobaran api sangat cepat membesar dan dalam hitungan menit separo bangunan atau sekitar 120 meter ludes tidak tersisa alias rata tanah. Dua jam lebih, api berhasil dipadamkan oleh petugas.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi, langsung melokalisir api agar tidak menghabiskan seluruh bangunan kandang ayam.

Tidak ada yang mengetahu persis awal mulai kebakaran kandang ayam berukuran 14×100 m² tersebut. Pemilik mengetahui api sudah berkobar dan membakar bangunan kandang miliknya.

“Kandang kosong, sebentar lagi, persiapan mau isi ayam dan (kandang) sudah dicuci,” kata Soim kepada wartawan di lokasi.

Saat api membesar kandang ayam, sedang tidak ada aktifitas apapun. Api diketahui sudah membesar dan menghanguskan bangunan.

Titik api pertama kali diduga berasal dari bangunan gudang sebelah tengah, kemudian merembet ke dua sisi bangunan sekitarnya.

Kata orang-orang, api keluar dari kandang (sebelah) tengah,” ujar Soim menambahkan.

Akibat kejadian itu, pemilik kandang ayam hanya bisa pasrah dan mengaku mengalami kerugian sekitar Rp300 juta.

Baca juga : Pemkab Jombang Lahirkan Generasi Cinta Al Qur’an 

Baca juga : Pencuri 20 Mesin Pompa Air di Tulungagung Tumbang

Sementara, kepala pelaksana BPBD Jombang, Bambang Dwijo Pranowo menyatakan, kebakaran bangunan kandang ayam diduga dari puntung rokok. Sebab, tidak ada aliran listrik di kandang itu.

“Kandang ayam terbakar diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang ke serbuk bekas gergajian kayu,” ujar Bambang Dwijo dalam keterangannya.

1 Comment
  1. […] Masalah Puntung Rokok, Kandang Ayam di Jombang Habis Dilalap Si Jago Merah […]

Tinggalkan Balasan