Membanggakan, Atlet Biliar Asal Tuban Sumbang Emas dan Perunggu untuk Jatim di PON XX Papua 2021

0
Rudy Susanto (kanan) dan Erwin Kurniawan, merayakan kemenangan usai pertandingan final biliar nomor sembilan ganda putra di ajang PON Papua 2021.

halopantura.com Tuban – Atlet biliar asal Kabupaten Tuban, Rudy Susanto, membuat bangga masyarakat Tuban. Pasalnya, ia tampil memukau dengan berhasil menambah perolehan medali emas untuk kontingen Jawa Timur pada ajang PON XX Papua 2021.

Atlet muda asal Tuban yang akrab disapa Sawhung itu meraih medali emas bersama pasangannya, Erwin Kurniawan. Pebiliar ganda putra tersebut berhasil menempati posisi pertama setelah menang di babak final biliar nomor bola sembilan di GOR Biliar SP5 Mimika, Senin, (11/10/2021).

Ganda putra dari kontingen Jatim itu unggul dengan skor 8-4 atas pasangan Arun/Noor Hidayatullah dari Kalimantan Selatan. Mereka bertanding selama 2,5 jam.

“Persiapan kita enam bulan untuk menghadapi PON Papua ini,” ungkap Merius Hermanta Putra, Ketua Cabor Persatuan Olahraga Bilyard Seluruh Indonesia (POBSI) Kabupaten Tuban.

Pelatih dari Rudy Susanto itu mengaku raihan medali emas tersebut merupakan sejarah baru bagi cabang olahraga (cabor) Biliar untuk kontingen Jawa Timur. Dimana, raihan prestasi ini sangat membanggakan buat Tuban dan Jatim serta bisa menjadi motivasi buat atlet lainnya.

“Ini sejarah baru untuk biliar Jatim, khususnya Tuban. Tentu saya sangat bangga dan terima kasih atas semangat serta motivasi tinggi yang di tunjukkan Rudi atlet saya ini,” terangnya.

Ia berharap prestasi yang membanggakan tersebut bisa memotivasi atlet junior-junior biliar asal Tuban untuk terus bersemangat dalam belajar. “Kedepan biar bisa jadi inspirasi dan motivasi junior-juniornya di POBSI Tuban,” sambungnya.

Ditambahkannya, Rudy Susanto masih berpeluang menambah medali bagi kontingen Jatim. Pasalnya, masih ada satu nomor individu yang akan dipertandingkan malam ini waktu Papua.

“Masih ada satu lagi di nomor single 9 ball. Pertandingannya mulai besok atau nanti malam waktu Papua. Kansnya memang agak berat, tapi saya optimis masih bisa meraih hasil yang terbaik, do’a nya saja” terang Hermanta.

Lebih lanjut, kemenangan tersebut juga menjadi revans bagi Erwin/Rudy kepada Arun/Noor dari pertemuan sebelumnya yang terjadi di babak semifinal nomor bola delapan ganda putra.

Akibat kekalahan itu, Erwin/Rudy hanya berhak meraih medali perunggu. Namun dengan hasil positif tersebut, Erwin/Rudy mematahkan harapan lawannya dengan memberikan medali perak.

“Ya kami puas dengan hasil ini karena sudah bekerja sangat keras di nomor ini. Ini lah hasil manis (medali emas, red) dari perjuangan kami di pelatihan,” ungkap Rudy.

Sementara itu, KONI Tuban mencatat hasil rekapitulasi perolehan medali dari atlet asal Tuban di ajang PON XX Papua 2021. Perolehan medali sebagai berikut:

Medali Emas

  1. CANDRA MARIMAR (Gulat Pi Kelas 53 kg)
  2. WIKA ASNUNIK (Panahan Beregu Pi)
  3. RUDY SUSANTO (Bilyar Pa No. 9 Ball Double)
  4. TENGKU TEGAR ABADI (Atletik Pa No. Lompat Galah, prestasi 5,15 M)

Perak

  1. SULISWANTO (Judo Pa No. Nageno Kata)
  2. PUJI PRASETYO (Gulat Pa)

Perunggu

  1. RUDY SUSANTO (Bilyar Pa No. 8 Ball Double)

Total sementara perolehan medali dengan rincian sebagai berikut.  Diantaranya, 4 medali emas, 2 perak, dan satu perunggu. (rohman)

Tinggalkan Balasan