Mendekati Pemilu 2019, KPU Tuban Belum Terima Surat Suara DPD

0
Masyarakat tengah melakukan pelipatan surat suara digudang milik KPU Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pelaksanan Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Tetapi sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban belum menerima dan masih menunggu kedatangan logistik surat suara untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Selain itu, sampai saat ini logistik surat suara untuk Presiden juga masih kurang. Pihak KPU menyatakan kekurangan itu akan diterima dalam Minggu ini.

“Hasil koordinasi kita dengan penyedia di Solo kemarin, dijanjikan dalam minggu ini semua kebutuhan surat suara buat KPU Tuban sudah selesai,” ungkap Kasmuri, Ketua KPU Kabupaten Tuban, Rabu, (20/3/2019).

Menurutnya, sampai saat ini logistik surat suara yang belum dikirim ke Tuban adalah logistik surat suara pemilihan anggota Legislatif untuk Dapil 5 Tuban. Terus sebagian surat suara untuk Presiden juga masih ada kurang.

“Logistik surat suara untuk Pilpres yang sudah kita terima baru sekitar 40 persen. Kemudian surat suara untuk DPD belum dikirim sama sekali, selain itu surat suara sudah beres semua,” terang Kasmuri ketika ditemui di kantor KPU di jalan Pramuka Tuban.

Namun begitu, pihak KPU Tuban mentargetkan dalam minggu ini  semua surat suara sudah beres, dan awal bulan April semua logistik surat suara sudah dikirim ke masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Target kami awal April distribusi logistik surat suara sudah dikirim ke masing-masing kecamatan,” tegas Kasmuri.

Lebih lanjut, ia menambahkan sortir atau pelipatan surat suara berjalan dengan lancar dengan melibatkan tenaga 50 orang. Tetapi untuk kerusakan surat suara belum bisa dihitung lantaran menunggu semua pelipatan selesai.

“Kerusakan surat suara ada, seperti sobek, tetapi belum kita hitung karena menunggu semua selesai. Sampai saat ini surat suara yang sudah diterima dan sudah dilipat sudah mencapai 70 persen,” terang Kasmuri.

Sebatas diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tuban untuk pemilu 2019 ada sebanyak 939.765 pemilih yang tersebar di 3.918 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kabupaten Tuban. Terdiri dari 463.671 pemilih perempuan, dan 476.094 pemilih perempuan.

Sedangkan jumlah TPS ada 3.918 tempat yang tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. (rohman)

Tinggalkan Balasan