Menjaga Persatuan, Pawai Karnaval di Desa Kowang Penuh Kemeriahan

0
Para peserta pawai karnaval sebelum pemberangkatan. (Musyafa')

halopantura.com Tuban – Kegiatan karnaval dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72, di Desa Kowang, Kecamatan Semanding, Tuban, berjalan penuh semarak. Kegiatan penuh semangat kemerdekaan itu sukses menyedot antusias masyarakat dari berbagai kalangan untuk menonton pawai karnaval itu, Minggu, (20/8/2017).

Pawai kernaval tersebut dimulai dan finish di kawasan balai desa setempat. Dengan diikuti peserta dari berbagai eleman masyarakat, lembaga pendidikan, dan pihak terkait lainnya.

Para peserta begitu semangat ketika mengikuti pawai dengan mengenakan masing-masing kostum yang unik. Mulai kostum pakaian adat sampai dengan tokoh pahlawan Indonesia melengkapi semeraknya pawai tersebut.

Selain itu, kalangan anak-anak juga ikut meramaikan karnaval itu dengan menggunakan sepeda hias sambil didampingi orang tuanya. Kegiatan tahunan tersebut juga dalam rangka menjaga kerukunan antara warga desa setempat.

“Kegiatan ini dalam rangka memerihkan HUT RI dan menjaga kerukunan warga. Sehingga masyarakat dan para pelajar begitu antusias mengikuti karnaval dengan kostum yang unik,” terang Winarni, Kepala Desa (Kades) Kowang dalam sambutan pawai karnaval itu.

Menurutnya, kegiatan itu juga sebagai bentuk untuk menanamkan semangat kemerdekan pada diri masyarakat. Terlebih dengan kegiatan ini masyarakat dan pelajar lebih mengenal tentang perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang telah gugur merebut kemerdekaan ini.

“Banyak makna dan manfaat di momentum kemerdekaan ini. Terlebih masyarakat kedepan harus bisa mengisi kemerdekaan dengan melakukan perbuatan yang positif buat kemajuan daerah,” ungkap Kades ini.

Sementara itu, masyarakat yang ikut menyaksikan mengaku terhibur dengan kegiatan tersebut. Mereka (para penonton, red) juga rela mengantri di tepi jalan yang menjadi rute peserta karnaval.

“Saya bersama keluarga sudah disini untuk menyaksikan karnaval ini. Kostum para peserta bagus dan kita terhibur,” kata Indah warga desa setempat yang melihat karnaval itu. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan