Minim Lapangan Kerja, 18.300 Orang Tuban Butuh Kerja

0
Para pencari kerja ketika di acara Bursa Kerja 2017 di GOR Tuban. (Musyafa')
Para pencari kerja ketika di acara Bursa Kerja 2017 di GOR Tuban. (Musyafa')

halopantura.com Tuban – Lebih dari 18.300 orang yang ada di Kabupaten Tuban belum bekerja alias menganggur dari total satu juta lebih jumlah penduduk yang ada di Bumi Wali ini. Kondisi tersebut di karenakan minimnya ketersedian lapangan kerja yang ada di Tuban.

“Pengangguran yang ada di Tuban tercatat lebih dari 18.300 orang dari angkatan kerja berjumlah sekitar 600 ribu jiwa,” terang Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, Jum’at, (12/5/2017).

Menurutnya, persaingan lulusan baru atau rendahnya pendidikan menjadi salah satu faktor adanya pengguran. Sehingga, nanti Pemkab Tuban akan melakukan pendataan terkait daerah mana yang jumlah penggurannya tinggi.

“Kita nanti akan memetakan apakah pengguran di dominasi lulusan sekolah dasar atau jejang sekolah lain. Hal itu dilakukan sebagi upaya pemerintah untuk mengambil kebijakan dalam rangka mengatasi angka pengangguran,” jelas Wabup Tuban.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban akan terus berupaya menekan angka jumlah pengguran dengan program di dinas terkait. “Seperti di balai latiha dan dinas terkait akan terus berupaya menyamakan antara para pencari kerja dengan ketersedian lowongan kerja,” ungkap politisi senior asal PKB itu.

Sementara itu, Budi salah satu pencari kerja asal Kecamatan Tuban, berharap pemerintah selalu memberikan informasi terkait lowongan kerja. Serta mendorong Pemerintah bahwa perusahaan yang berdiri di Tuban untuk mengutamakan tenaga kerja lokal.

“Pemerintah juga harus melakukan pelatihan secara rutin buat para pencari kerja,” ungkap Budi ketika ditemui di acara Bursa Kerja 2017 pada beberapa hari yang lalu. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan