Modal Hutang, Dua Pabrik Arak Digerebek Petugas

0
Kapolres Tuban (tengah) menunjukan barang bukti arak. (rohman)

halopantura.com Tuban – Ali Rohmat (44) warga Desa Tegal Agung, Kecamatan Semanding, Tuban harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pasalnya, dia nekat memproduksi minuman keras (Miras) jenis arak.

Bisnis terlarang yang dijalankan pelaku baru beroperasi dua minggu dengan modal hutang sebesar Rp 70 juta dari kerabatnya. Hal itu dikatakan Ali Rohmat setelah lokasi pabrik arak miliknya digerebek petugas, Kamis, (21/6/2018).

“Modal (produksi arak,red) usaha ini hutang Rp 70 juta, dan baru dua minggu berjalan,” kata Ali Rohmat dengan wajah ditutup kain.

Selain hutang, dua lokasi yang digunakan pelaku untuk memproduksi arak di Dusun Geneng, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban adalah rumah kontrak. Setiap tahunnya pelaku membayar kontrak satu rumah sebesar Rp 1 juta.

“Tempat ini bukan milik saya, tapi kontrak,” kata pelaku dengan mengenakan baju tahanan Polres Tuban.

Dalam sehari di dua lokasi, pelaku mempu memproduksi arak sebanyak 200 liter arak. Hasil minuman haram itu salah satunya dikirim ke Surabaya dengan harga Rp 100 ribu per botol yang berisi satu liter arak.

“Minuman arak ini di kirim ke Surabaya dengan harga Rp 100 ribu per botol, jika di lokasi harganya Rp 25 ribu tiap botol,” terang Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono.

Pemberitaan sebelumnya, petugas gabungan dari anggota kepolisian, TNI, dan Satpol PP Tuban menggerebek dua lokasi pabrik arak. Dari razia itu diamankan barang bukti sebanyak 540 liter arak siap edar.

Selain itu, petugas juga mengamankan 36 tabung LPG 3 Kg, dan beberapa alat yang digunakan pelaku untuk memproduksi miras. Serta diamankan  baceman (bahan baku arak,red) sebanyak 10400 liter yang berada di 52 drum.

Baca :https://www.halopantura.com/dikirim-ke-surabaya-sehari-pelaku-mampu-memproduksi-200-liter-arak/

Pengungkapan itu sebagai bentuk komitmen Polres Tuban untuk menciptakan Bumi Wali Tuban bersih dari peredaran miras, khususnya arak.  

Kegiatan serupa juga akan terus dilakukan petugas dibeberapa lokasi yang rawan terjadi pelanggaran demi keamanan Tuban. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here