Mudik Lebaran, Ratusan Santri Padati Stasiun Jombang

0
Para Santri di Stasiun Jombang. (Z Arifin)

halopantura.com Jombang – Ratusan santri dari sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Jombang mulai memadati stasiun Jombang. Kedatangan para santri itu untuk melakukan mudij lebaran idul fitri tahun 2018, Sabtu (2/6/2018).

Ratusan santri itu berasal dari PP (Pondok Pesantren) Tebuireng, PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Rejoso Peterongan, PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas, PPMM (Pondok Pesantren Mambaul Maarif) Denanyar, serta beberapa pondok lainnya.

Para remaja yang kebanyakan bersarung itu datang ke stasiun secara rombongan dari masing-masing pondok.

Abdul Haris, salah satu santri di Jombang mengatakan, dia datang ke stasiun bersama puluhan santri lainnya. Mereka berasal dari Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“Hari ini kita pulang kampung atau mudik. Setelah lebaran kita akan kembali ke pesantren dan masuk kembali pada 15 Juli mendatang,” terangnya ditemui di stasiun.

Sutrisno, Kepala Stasiun Jombang mengungkapkan, jika h seperti itu sudah menjadi tradisi yakni santri selalu mudik ke kampung halaman secara berjamaah.

“Mulai KA Pasundan tujuan Bandung, Logawa tujuan Purwokerto, KA Sri Tanjung ke Banyuwangi, KA Gaya Baru Malam Selatan dan hingga nanti malam KA Mutiara tercatat ada 900 orang santri yang mudik hari ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, Kereta Api yang paling banyak dipilih para santri adalah kelas ekonomi. Seperti KA Gaya Baru Malam, KA Pasundan dan KA Sritanjung.

“Mereka lebih banyak memilih Kereta kelas ekonomi,” tandasnya. (fin/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here