Mulai Jaring Bacaleg, PDI-P Tuban Target Menang di Pemilu 2024

halopantura.com Tuban – Partai Politik (Parpol) tengah berancang-ancang untuk mencari kader terbaiknya dalam rangka menyambut pemilu 2024. Termasuk, Pengurus Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Tuban, mulai membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk menghadapi Pileg 2024.

Pendaftaran atau penjaringan bacaleg itu langsung disambut antusias oleh tokoh masyarakat, simpatisan, kader dan pengurus partai. Sehingga banyak peminat untuk jadi bacaleg itu diklaim pengurus menjadi sinyal kuat untuk kemenangan partai berlogo banteng moncong putih itu pada pemilu 2024.

“Dengan antusiasnya kader dan masyarakat yang mengikuti penjaringan Bacaleg PDI Perjuangan, saya yakin target kemenangan pemilu 2024 tercapai, baik Pileg maupun Pilpres,” tegas Sandy Ariyanto, Wakabid Pemenangan Pemilu PDI-P Kabupaten Tuban, Sabtu (24/9/2022).

Penjaringan bacaleg untuk DPRD Tuban ini dibuka untuk semua kalangan mulai tokoh masyarakat, agama, pemuda, perempuan, dan kader dan pengurus partai sendiri. Kemudian nantinya kader terbaik yang lolos penjaringan akan bertarung di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) Tuban pada Pileg 2024.

“Sampai dengan sore hari ini antusias yang mengikuti penjaringan sangat luar biasa, dari kuota 50 bacaleg yang akan ditugaskan pada semua Dapil. Saat ini yang sudah mendaftar melebihi kuota,” tambah Tulus Setyo Utomo, Sekretaris DPC PDI-P Tuban.

Hal sama juga disampaikan Andhi Hartanto, Ketua DPC PDI-P Tuban. Ia menyampaikan bahwa pengurus telah intensif melakukan konsolidasi internal dan eksternal pada beberapa bulan lalu dalam rangka menghadapi pesta demokrasi 2024.

“Setelah beberapa bulan melakukan konsolidasi internal dan eksternal, hari ini DPC PDI Perjuangan Tuban mulai melakukan penjaringan atau pendaftaran bacaleg untuk DPRD Tuban,” jelas Wakil Ketua DPRD Tuban itu.

Menurutnya, pendaftaran bacaleg untuk DPRD Tuban ini dibuka bagi semua unsur masyarakat dan bisa diusulkan dari masing-masing pengurus PAC yang ada di Kabupaten Tuban. Lalu yang ingin mendaftar bisa langsung datang ke Kantor DPC PDIP Tuban dan untuk penilaian lolos atau tidak menjadi keputusan dari DPP.

“Selanjutnya nama-nama yang masuk dalam penjaringan, akhir bulan ini akan disampaikan kepada DPD dan DPP untuk dilakukan penyaringan sesuai mekanisme kepartaian,” jelasnya.

Politisi senior asal Soko itu kembali menerangkan sejumlah tahapan untuk menghadapi pemilu telah dilakukan beberapa bulan yang lalu. Mulai, pengurus menggelar konsolidasi internal, eksternal, dan sosialisasi tahapan pemilu 2024.

“Saat ini tahapan pengusulan serta penjaringan Bacaleg baik untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten,” terang Anggota DPRD Tuban dua periode itu.

Baca juga : Hj. Haeny Anggota Komisi II DPR RI Bersama BPIP Ajak Masyarakat Tuban Tanamkan Nilai Ideologi Pancasila

Baca juga : Gotong Royong Lawan Covid-19, Kader PDIP Bagikan Jamu Herbal Gratis

Lebih lanjut, Andhi Hartanto juga menegaskan bahwa DPC PDI-P Tuban telah mengajukan usulan nama untuk Bacaleg DPR RI Dapil IX Tuban – Bojonegoro dan Bacaleg DPRD Provinsi Dapil XII Tuban – Bojonegoro. Hal tersebut sesuai mekanisme kepartaian yang diatur di Peraturan Partai 25A tahun 2018.

“Untuk Bacaleg DPR RI, DPC mengusulkan nama H. Abidin Fikri, SH, MH, sedangkan untuk Bacaleg DPRD Provinsi ada nama Moch. Abu Cholifah, Go Tjong Ping, dan Eny Kristyawati,” pungkasnya. (rohman)

1 Comment
  1. […] Baca juga : Mulai Jaring Bacaleg, PDI-P Tuban Target Menang di Pemilu 2024 […]

Tinggalkan Balasan