Muncul Baliho PKB, DPRD Tuban Pertanyakan Netralitas Camat Jenu di Pemilu

0
Cancoko anggota DPRD Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban mempertanyakan netralitas Mohammad Maftuhin Riza Camat Jenu dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

Hal itu buntut dari temuan adanya alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 berupa baliho besar bergambar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terpasang tepat didepan pagar lingkungan kantor Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Menanggapi hal itu Camat Jenu mengaku tidak mengetahui.

“Jangan sampai ada kecurigaan bahwa camat yang notabene adalah aparatur pemerintah (Aparatur Sipil Negara, red) telah tidak netral dalam pemilu kali ini,” ungkap Cancoko, anggota DPRD Tuban, Sabtu, (9/2/2019).

Selain itu, ia juga menuding jika camat tidak mengetahui adanya baliho parpol yang terpasang di depan kantor kecamatan. Maka akan menimbulkan pertanyan apa yang selama ini telah dikerjakan camat sampai tidak tahu pelanggaran alat peraga kampanye yang berada didepan kantornya.

“Jangan-jangan camat tersebut (Jenu, red) tidak pernah ngantor kok sampai tidak tahu kalau didepan kantornya ada baliho partai berukuran sebesar. Bahkan, di kantor kecamatan itu juga tidak hanya ada camat saja, tetapi ada seluruh pegawai, masak tidak melihat jika ada baliho parpol,” tuding Cancoko anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat.

Lebih lanjut, politisi senior asal Palang itu menegaskan secara aturan pemasangan APK Pemilu di depan kantor pemerintahan itu jelas di larang dan melanggar. Sehingga anggota Bawaslu atau Panwas diminta untuk segera bertindak agar ada keadilan.

“Anggota Panwas juga harus menyelidiki apakah perbuatan itu ada unsur kesengajaan atau tidak dalam pemasangan baliho itu,” tegas Cancoko yang juga Caleg dari Demokrat yang maju di Dapil II Tuban meliputi Kecamatan Palang, Plumpang, dan Widang.

Pemberitaan sebelumnya, APK Pemilu berupa baliho besar bergambar PKB terpasang di lingkungan kantor kecamatan Jenu sebelah barat, tepatnya berada didepan pagar kantor Panitia Pemilihan Kecamatan Jenu (PPK), dan Perpustakaan Kecamatan Jenu.

Baliho tersebut terdapat foto Bupati H. Fathul Huda dan Noor Nahar Hussein Wakil Bupati Tuban, serta tertera logo parpol PKB dan nomor urut 1. Selain itu, didalam baliho disertai kalimat kalimat ajakan untuk menyukseskan Pemilu 2019 dengan memilih PKB nomor urut 1.

Baca : https://www.halopantura.com/camat-klaim-tak-tahu-baliho-pkb-terpasang-di-kantor-kecamatan-jenu/

Menanggapi hal itu, Camat Jenu, Mohammad Maftuhin Riza ketika dikonfimasi via telepon mengatakan bahwa pemasangan tersebut tanpa sepengetahuannya.

“Kami tidak tahu, dan tidak ada konfirmasi orang yang memasang, kami akan melaporkan kepada pihak yang berwenang, dan kalau tidak segera dicopot maka kami akan copot,” ungkap Camat Jenu. (rohman)

Leave a Reply