Musim Karnaval, Berkah Buat Seniman Kreatif Pembuat Kostum

2
Beberapa hasil karya Rofik ketika ditemui di rumahnya. (Arif W)

halopantura.com Tuban – Menjelang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di bulan Agustus ini, memberikan berkah tersendiri bagi para pelaku atau seniman kreatif di Kabupaten Tuban. Hal itu dirasakan oleh Rofik (34), salah satu seniman kreatif dari warga Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Setiap menjelang bulan Agustus, Rofik sudah kebanjiran pesanan kostum karnaval. Mulai dari pesanan kostum yang sederhana hingga kostum Fashion Carnival yang memiliki desain unik sampai rumit. Kondisi seperti itu membuat Rofik meraup keuntung jutaan rupiah.

Rofik ketika ditemuni menceritakan, membuat kostum karnaval sudah digelutinya sejak empat tahun lalu. Awalnya hanya membuat kostum untuk anaknya sendiri dan terus berkembang sampai banyak masyarakat yang memesan kostum untuk karnaval itu.

“Pertama saya membuat untuk anak saya sendiri yang ikut karnaval Agustusan, setelah itu dan sampai sekarang banyak orang yang tertarik dan memesan kostum ke saya,” ungkap Rofik, Senin, (7/8/2017).

Keahlian Rofik membuat dalam mendesain kostum karnaval diketahui banyak orang berkat informasi dari salah satu keluarganya Juga. Karena saait itu, saudaranya memposting hasil karya Rofik di media sosial.

“Agustus tahun ini ada juga pesanan dari Cepu dan Lamongan,” tambah Rofik sambil menunjukan karyannya.

Karena banyaknya pesanan, saat ini Rofik dibantu oleh istrinya untuk menggarap desain kostum itu, mulai dari menjahit baju dan membuat pola-pola dari bahan busa tikar untuk dijadikan pernak-pernik kostum.

“Saya membuat sendiri semua kostum dan dibantu istri saya,” katanya.

Harga untuk setiap kostum berbeda-beda, tergantung dari detail dan kerumitan dalam membuat kostum tersebut. Harga itu mulai dipatok dengan Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu. Sedangkan untuk kostum untuk anak-anak dijual mulai Rp 100 ribu.

“Selain itu kostum karnival juga bisa disewa dengan harga Rp 300 ribu untuk sekali ifen,” pungkasnya. (wib/roh)

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan