Nelayan Tuban Mendapatkan Bantuan Sepuluh Perahu

0
Simbolis Bupati Tuban (tengah) ketika menyerahkan bantuan kepada nelayan.

halopantura.com Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda memberikan bantuan sepuluh perahu buat nelayan yang ada di Kabupaten. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatan perekonomian buat para nelayan.

Sepuluh perahu itu diberikan empat perahu buat nelayan Jenu, satu perahu buat Palang, dan lima perahu buat nelayan Kota Tuban. Selain itu, Bupati juga menyerahkan 10 alat tangkap jaring yang secara simbolis diberikan kepada nelayan di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Senin (29/01/2018).

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan pada saat musim ikan, pendapatan nelayan sebesar Rp 150 ribu per orang. Sementara saat sepi pendapatan nelayan turun menjadi Rp 80 per orang. Karenanya, Bupati menghimbau kepada nelayan untuk mengolah hasil melaut tersebut.

“Ketika nelayan pergi melaut, keluarganya yang di rumah dapat mengolah hasil tangkapannya sehingga hasil tangkapan dapat dijual dengan harga lebih tinggi,” tutur Bupati.

Lebih lanjut, Bupati dua periode ini menambahkan sebagai program pemberdayaan nelayan, Pemkab juga akan memberikan rangsangan kepada nelayan terkait pengolahan ikan lebih lanjut. Sehingga nelayan dan keluarganya akan mendapatkan hasil yang lebih banyak.

“Potensi kekayaan yang ada di laut harus dimanfaatkan dengan baik dan bijak,” pesan Bupati Tuban.

Setelah itu, Bupati Tuban yang didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban, Amenan, melakukan peninjauan pembangunan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Palang, Kecamatan Palang.

Di lokasi ini, Bupati meninjau pembangunan revetment TPI Palang yang berfungsi sebagai tambatan labuh kapal perikanan. Selain itu, sarana pemecah gelombang dan pengelolaan sampah juga menjadi fokus peninjauan Bupati.

Setelah itu, Bupati bersama rombongan kemudian menuju Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang untuk meninjau pembangunan gudang penyimpanan garam. Dilokasi itu, Bupati juga memberikan menghimbau agar petani garam meningkatkan produksi garam. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here