Nenek Kaminah, Potret Buram Kemiskinan di Tuban

0
Wajah Kaminah ketika ditemui di rumahnnya.

halopantura.com Tuban – Nenek ini tinggal sebatang kara bersama dengan tiga ekor kambingnya dirumah yang berada di Dusun Genengwetan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban. Selain itu, untuk menyambung hidup, dia menghandalkan belas kasihan dari tetangga dan orang lainnya.

Karena dari pernikahannya dia tak dikarunia keturunan sampai dengan suaminya meninggal dunia karena sakit. Itulah kondisi Kaminah, seorang nenek berusia 80 tahun yang bereda digaris kemiskinan di bawah kepemimpinan Huda-Noor jilid II.

Salah satu potret kemiskinan diwilayah selatan Tuban itu, membuat Pemkab Tuban bergerak cepat untuk mencarikan solusi atas kondisi nenek tersebut. Salah satunya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda, telah memerintahkan untuk memberikan bantuan kepada warga miskin tersebut.

“Minggu ini, Baznas Tuban akan melakukan survey dan verifikasi untuk segera memberikan bantuan berupa pembuatan kandang kambing di samping rumah nenek Kaminah,” ungkap Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid, Kamis, (5/4/2018).

Selain itu, juga akan dilakukan identifikasi terhadap kondisi objektif nenek Kaminah untuk dapat diajukan memperoleh santunan. “Jika telah memenuhi syarat nenek Kaminah akan mendapatkan santunan sebanyak 300 ribu per bulan,” terang Rohman Ubaid.

Rohman Ubaid menjelaskan bahwa Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kabupaten Tuban juga akan segera melakukan survei guna melihat kondisi Kaminah. Karena bisa dimungkinkan dan diajukan menerima santunan fakir miskin pada PAPBD tahun 2018.

“Nantinya, nenek Kaminah akan mendapatkan santuan sebesar 200 ribu per bulan melalui Dinsos bila semua syarat telah terpenuhi,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban melalui Puskesmas juga telah mengikutkan nenek Kaminah pada program pelayanan kesehatan dan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

“Nenek Kaminah tiap bulan rutin telah mengikuti program pemeriksaan tersebut dan saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat,” ungkap Mantan Camat Jenu itu.

Di samping itu, Nenek Kaminah juga telah terdaftar dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Lebih lanjut, terkait keberadaan tiga ekor kambing, Rohman Ubaid, menuturkan bahwa ketiga kambing tersebut merupakan bantuan program Pengentasan Kemiskinan dari Pemkab Tuban beberapa tahun lalu.

Selain itu, nenek Kaminah juga telah mendapat bantuan subsidi beras (Rastra) melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Jadi.

Tidak hanya itu, beberapa tahun lalu nenek Kaminah juga mendapatkan bantuan dari Kodim 0811/Tuban berupa renovasi rumah melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pada pelaksanaan program RTLH, pembangunan rumah juga dibantu Pemdes Jadi. (rohman)

Leave a Reply