P-APBD Tuban, Kucurkan Dana Rp 700 Juta Buat Petani Bawang Merah

0
Salah satu pedagang bawang merah di Kabupaten Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menganggarkan dana sebesar Rp 700 juta di Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2017. Dana itu disiapkan untuk pengembangan tanaman bawang mereh buat petani Tuban.

“Tanaman bawang merah secara analisis usaha tani sangat menguntungkan dan umur tanaman hanya 70 hari,” jelas Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, jawaban atas kegunaan anggaran tersebut, Jum’at, (18/8/2017).

Selain itu, Wabup Tuban menjelasakan dana pengembangan itu dikarenakan petani bawang merah di Kabupaten Tuban sudah banyak yang mengusahakan secara swadaya. Terbukti pada tahun ini dibeberapa wilayah Kecamatan sudah banyak petani yang berhasil dengan produksi 10 ton lebih bawang merah tiap satu hektarnya.

“Tetapi kita juga mengakui ada juga petani yang gagal panen,” terang Wabup Tuban.

Dengan begitu, Wabup menjelaskan bahwa perlu pemberian percontohan buat petani bawang merah. Mulai dari pengolahan lahan, pemilihan benih, pupuk, dan pemberian obat sesuai dengan teknologi yang dianjurkan.

“Makanya dalam Perubahan-APBD 2017 ini, kita anggarkan Rp 700 juta untuk pengembangan tanaman bawang merah,” tegas Wabup Tuban yang juga politisi asal PKB. (rohman)

Tinggalkan Balasan