Pandemi Covid-19, Warga Ring 1 Proyek Kilang Pertamina Tuban Terima 3000 Paket Sembako

0
Secara simbolis bantuan paket sembako diterima Wakil Bupati Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – PT Pertamina (Persero) dari tim kilang minyak atau Grass Root Refinery (GRR) Kabupaten Tuban, kembali menunjukkan kepeduliannya dengan menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak Pandemi Covid-19.

Kali ini, tim tersebut menyalurkan bantuan sebanyak 3000 paket sembako buat masyarakat di ring 1 pembangunan proyek kilang minyak. Yakni buat warga di 17 desa di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Satu paket sembako yang diterima warga berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 1 kg gula, susu kaleng, teh, dan sejumlah mie instan. Bantuan itu secara simbolis itu diterima Wakil Bupati (Wabup) Tuban Noor Nahar Hussein, di kantor Pemkab Tuban, Selasa, (19/5/2020).

“Kami sampaikan terima kasih atas bantuan paket sembako dari Pertamina GRR Tuban. Bantuan ini diprioritaskan untuk warga di ring 1 lokasi pembangunan kilang minyak GRR Tuban, tepatnya di kecamatan Jenu,” ungkap Wabup Tuban.

Menurutnya, dalam penyaluran paket sembako ini pihak Pertamina GRR dapatnya berkoordinasi dengan pihak kecamatan Jenu dan pemerintah desa setempat terkait data calon penerima bantuan. Data tersebut perlu divalidasi karena akan menjadi acuan penyaluran paket sembako.

“Validasi data ini agar bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran,” jelas politikus senior asal PKB itu.

Wabup Tuban berharap selain paket sembako kali, juga dapat dibagikan paket bantuan lainnya. Salah satunya ketika lebaran maupun pada kegiatan social lainnya.

“Bantuan yang diberikan menjadi wujud kepedulian Pertamina GRR Tuban kepada masyarakat kabupaten Tuban khususnya di sekitar lokasi pembangunan,” tambah Wabup Tuban.

Sementara itu, Budiono Kepala Security Pertamina GRR, menjelaskan bantuan paket sembako ini wujud partisipasi perusahaan terhadap penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Tuban. Termasuk, kegiatan ini menjadi salah satu program peduli kasih GRR Tuban.

“Proses penyaluran dilakukan bertahap dan melibatkan pihak kecamatan dan pemerintah desa,” jelasnya.

Kedepannya akan dilakukan santunan buat anak yatim di lima desa ring satu lokasi pembangunan kilang minyak. Kemudian akan memberikan bantuan berupa 1 mobil ambulance kepada Pemkab Tuban guna membantu dalam rangka penanganan Covid-19.

“Rencananya, pada pekan ini juga akan diserahkan mobil ambulance kepada Pemkab Tuban,” tegasnya.

Sebatas diketahui, sebelumnya pihak Pertamina GRR telah menyalurkan bantuan alat kesehatan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tuban, Jumat, (24/4/2020).

Bantuan itu yang diberikan saat itu ada 20.000 sachet vitamin C, 60 set APD untuk tim medis, 5.000 lembar masker medis, 14.000 masker kain dan 100 liter hand sanitizer.

Lalu disalurkan untuk RSUD dr. Koesma Tuban mendapat 20 set APD medis dan 2.000 lembar masker medis. Sedangkan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RS NU) Tuban juga mendapat 20 set APD medis dan 2.000 lembar masker medis.

Bantuan tersebut juga diberikan untuk Puskesmas Kota Tuban, yakni 10 set APD dan 1.000 lembar masker medis dan 5.000 lembar masker kain. Kemudian, Puskesmas Kecamatan Jenu juga mendapat 10 set APD dan 9.000 lembar masker kain.

Tak hanya itu, sebelumnya tim NGRR Tuban juga telah menyalurkan bantuan untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Tuban. Bantuan yang diberikan yakni 10.000 lembar masker, 400 pasang sarung tangan, 50 liter hand sanitizer, 50 liter disinfektan, 5 unit alat semprot disinfektan, dan 5 unit thermal gun atau alat pengukur suhu tubuh. Bantuan itu disebar di balai-balai desa dan fasilitas kesehatan desa di Tuban.

Tak berhenti disitu, tim NGRR Tuban juga melakukan penyemprotan disinfektan di jalanan yang terbentang di 17 desa di Kecamatan Jenu, Tuban. Total ada 14 ribu disinfektan yang disemprotkan di jalanan tersebut yang dilakukan secara bertahap. (rohman)

Tinggalkan Balasan