Panwaslu Tuban: Ramadan Jangan Jadi Ajang Kampanye

0
Komisioner Panwaslu Kabupaten Tuban dalam acara bersama wartawan Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban mengingatkan kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon (Paslon) Pilgub Jatim 2018 tidak menjadikan kegiatan keagamaan pada bulan Ramadan sebagai sarana kampanyen.

Hal itu diungkapkan Komisioner Panwaslu Tuban saat menggelar rapat koordinasi peran serta media massa dalam pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Jatim, di laksanakan di kantor Panwaslu Tuban, Rabu, (16/5/2018).

Acara itu dihadiri para wartawan yang tergabung dalam Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban.

“Kami menghimbau agar bulan Ramadan tidak dijadikan ajang kampanye dengan berbagai kegiatan keagamaan,” kata M. Arifin, Komisioner Panwaslu Tuban bagian Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga.

Menurutnya, selama bulan Ramadan tempat ibadah memiliki potensi di jadikan sebagai sarana kampanye dengan berbagai bentuk kegiatan. Jika nanti di temukan pelanggaran,  maka akan ditindak tegas dan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlalu.

“Kita juga telah mengingatkan kepada seluruh anggota Panwascam untuk meningkatkan pengawasan selama bulan Ramadan. Dengan harapan tidak ada pelanggaran kampanye selama bulan puasa ini,” tambah M Arifin, Alumni Unirow Tuban.

Selain itu, Masrukhin Ketua Panwaslu Tuban dihadapan awak media meminta jika ada temuan pelanggaran pemilu untuk segera dilaporkan. Tak hanya itu, semua elemen masyarakat juga diminta pro aktif ikut mengawasi pelaksanaan pemilu agar tercipta pemilu yang aman dan kondusif.

“Kita berharap semua masyarakat ikut andil dalam menciptakan pemilu yang baik, jika ada temuan pelanggaran jangan takut melapor, dan akan kita tindak lanjuti,” ungkap Masrukhin.

Hal senada juga diungkapkan Sallamul Hadi, Komisioner Panwaslu Tuban bagian Divisi Penindakan dan Hukum. Ia mengatakan peran media sangat penting dalam rangka menciptakan pendidikan politik yang baik buat masyarakat.

“Kita berharap teman-teman media memberikan pemahaman positif buat masyarakat tentang Pilgub Jatim ini,” pungkasnya. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here