Paskibraka Pemkab Tuban Terbentuk

0
Peserta Paskibraka Tuban ketika seleksi. (Musyafa')

halopantura.com Tuban – Pemkab Tuban akhirnya mengukuhkan Paskibraka tahun 2017, setalah melalui beberapa tahapan seleksi. Pada tahun ini Paskibraka Pemkab Tuban sebanyak 85 siswa yang terdiri 42 putri dan 43 putra.

“Tahun ini penerimaan Paskibraka memang berbeda, jika tahun sebelumnya peserta yang diterima hanya berjumlah 33 siswa, tetapi tahun ini bertambah menjadi 85 siswa,” ungkap Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tuban, Chiko Irwanto, Kamis, (6/7/2017).

Sebelumnya ada sebanyak 200 peserta yang berasal dari siswa berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tuban mengikuti tes kesehatan. Dalam tes itu hanya ada 115 yang lolos dan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Seleksi itu meliputi tes Samapta dan Baris Berbaris, dan hanya ada 105 yang lolos dalam tes Pantukhir. Terdiri dari 53 peserta putra dan 52 peserta putri.

“Proses seleksi penerimaan Paskibraka Kabupaten Tuban itu dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 4 sampi 6 Juli 2017,” jelas Chiko Irwanto.

Chiko sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa secara teknis, tahun ini Paskibraka Kabupaten Tuban meniru dari Paskibraka Jawa Timur. Adapun seluruh pasukan yang bakal mengibarkan bendera pada detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, bakal terdiri dari Siswa. Untuk pasukan dari TNI dan Polri hanya bertugas sebagai pengawal pasukan 8 dan Komandan Kompi (Danki) Paskibraka.

“Untuk pasukan 45 yang dulu terdiri dari TNI dan Polri, Tahun ini akan diisi sepenuhnya oleh para siswa,’’ ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, berharap tim Paskibraka bisa kompak dan sukses dalam tugasnya.

“Mereka yang masuk dalam Tim Paskibraka adalah putra putri terpilih, semoga sukses dalam menjalankan Tugasnya nanti,” Ujar Wabup.

Wabup juga mengingatkan agar tim paskibraka dapat menyiapkan fisik dan mentalnya untuk mengikuti pelatihan yang diperkirakan akan dimulai pada pertengahan Juli ini.

“Bagi yang lolos seleksi, segera menyiapkan fisik dan mental untuk mengikuti pelatihan yang terbilang cukup berat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wabup juga menjelaskan bahwa sesuai dengan aturan, anggota Paskibraka adalah  siswa, bukan campuran TNI-Polri. Sehingga tahun ini mulai disesuaikan, hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda agar bisa berpartisipasi lebih banyak.

“Menjadi anggota Paskibraka diharapkan bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, dan patriotisme yang tinggi di kalangan anak muda Tuban,” harapnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan