Peduli di Bulan Ramadhan, KPK Berbagi Takjil Buat Napi Lapas Tuban

0
Suasana bagi takjil dan buka puasa bersama yang dilakukan KPK di Lapas Tuban.

halopantura.com Tuban – Sejumlah masyarakat yang berasal dari Komunitas Penikmat Kopi (KPK) menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan menggelar bagi takjil sebanyak 100 kotak nasi untuk para narapidana di Lapas Tuban, Minggu, (12/5/2019).

Kegiatan bagi-bagi takjil gratis itu sebagai ajang saling berbagi di bulan yang penuh berkah ini. Sekaligus sebagai wujud kepedulian sesama, khususnya buat narapidana yang jarang di jenguk keluarganya.

“Kita membagikan takjil berupa 100 nasi kotak buat warga binaan Lapas Tuban, khususnya buat meraka yang jarang dijenguk oleh keluarganya,” kata Eliza Agustina, Koordinasi KPK Tuban.

Ia berharap dengan adanya kegiatan itu bisa ditiru oleh beberapa komunitas yang ada di Tuban. Karena baru pertama kali ini ada komunitas yang peduli terhadap warga binaan.

“Kata petugas, baru kali ini ada komunitas yang peduli dengan warga binaan, dan kami berharap para komunitas yang ada di Tuban meniru jejak kami,” ungkapnya.

Selain itu, ia meminta agar anggota keluarga atau kerabat untuk tergugah menjenguk keluarganya yang berada di Lapas. Sebab, meraka juga membutuhkan perhatian dan dukungan moral dari keluarganya.

“Kami berharap pihak keluarga bisa tergugah hatinya untuk menjenguk kerabatnya yang ada di Lapas,” jelasnya.

Kedatangan komunitas itu disambut baik warga binaan dan petugas Lapas Tuban. Termasuk disambut dengan musik hadroh yang dimainkan para narapidana.

“Kepala Lapas dan kita semua menyambut baik acara itu karena peduli terhadap warga binaan. Semoga menjadi berkah,” ungkap Wenda Indra Bachtiar, Humas Kasubsie Regbimas Lapas Tuban.

Menurutnya, dalam kegiatan itu dipilih warga binaan yang jarang dijenguk oleh pihak keluarga karena beberapa hal. Seperti jarak rumah ke Lapas Tuban terlalu jauh, keluarganya memiliki kesibukan, dan faktor lainnya.

“Kita pilih Warga Binaan Pemasyarakatan (WBL), dan ditambah santri warga binaan untuk mengikuti kegiatan itu,” pungkasnya. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here