Peduli Pencegahan Covid-19, Owner Karaoke Glamour Donor Plasma Darah

0
Denny Owner Karaoke Glamour ketika donor plasma darah di PMI Kabupaten Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Eka Setiawan (51), pemilik hiburan malam karaoke Glamour mendonorkan plasma darahnya. Hal itu dilakukan mengingat plasma darah konvasalen sangat dibutuhkan untuk pengobatan pasien Covid-19 dengan gejala berat atau kritis.

“Saya sudah berniat jika sembuh akan donor plasma, dan semoga bermanfaat buat pasien Covid-19 yang membutuhkan,” kata Denny panggilan akrab Eka Setiawan di markas Palang Merah Indonesia (PMI) di jalan Pramuka Kabupaten Tuban, Kamis, (4/3/2021).

Ia mengaku ikut mendonorkan plasma darah karena pernah merasa terinfeksi virus Covid-19 dan dinyatakan sembuh. Setelah itu dilakukan screening atau pengecekan dan akhirnya diperbolehkan untuk donor plasma konvalesen.

“Donor plasma tidak sakit, hanya memerlukan waktu yang cukup lama, saya hampir 50 menit tadi,” tambah Owner Karaoke Glamour yang berada di KM 5 Jalur Pantura tepatnya di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban.

Ia berpesan kepada semua masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran pemerintah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Termasuk rutin berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Kita harus waspada dan mematuhi prokes agar terhindar dari Covid-19 dan jangan lupa olahraga secara teratur,” beber Denny.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah donor plasma. Termasuk, mengajak untuk berani donor plasma konvalesen karena membantu pemerintah menekan persebaran virus Covid-19.

“Setelah diberi kesembuhan, mari ganti membantu memberikan kesembuhan dengan donor plasma konvalesen,” ajak Endah Nurul Komariyati, Juru Bicara (Jubir) Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban.

Sebatas diketahui, donor plasma konvalesen adalah donor darah dari pasien yang sembuh dari infeksi virus corona. Itu sangat berguna dalam proses penyembuhan bagi pasien yang terinfeksi virus Covid-19 karena secara medis di dalam plasma sudah terbentuk antibodi.

Lalu plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien yang terdiagnis Covid-19 dan sudah 14 hari dinyatakan sembuh dari infeksi. Hal itu ditandai dengan pemeriksaan Swab menggunakan RT-PCR sebanyak 1 kali dengan hasil negatif.

Plasma konvalesen diberikan kepada pasien Covid-19 dengan gejala berat dan mengancam jiwa. Hasil akan baik jika diberikan kurang dari 14 hari dari onset (saat timbulnya gejala) dan diharapkan antibody dari pasien yang sudah sembuh bekerja sebagai imunisasi pasif bagi pasien tersebut. (rohman)

Tinggalkan Balasan