Pelaku Pencuri Hewan Ternak Gunakan Mobil Rental

0
Barang bukti mobil yang digunakan pelaku diamankan di Mapolres Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Dua pelaku pencuri hewan ternak kambing berhasil diamankan. Mereka diringkus setelah mobil yang dipakai pelaku dihentikan anggota Satlantas Polres Tuban di jalan Panglima Sudirman, Kota Tuban, Minggu sore, (9/2/2020).

Dalam menjalankan aksinya, meraka sengaja menyewa mobil rental jenis Avanza bernopol K 9004 K untuk mengangkut ternak hasil curian. Hingga kini, mobil tersebut telah diamankan anggota guna proses penyelidikan lebih lanjut.

“Pelaku memakai mobil rental, dan barang bukti mobil telah diamankan,” kata Kasat Reskrim Polres Tuban AKP Yoan Septi Hendri, Senin, (10/2/2020).

Dua pelaku yang telah meringkuk di sel tahanan tersebut diketahui bernama Suprapto (45) warga asal Jombang dan Hadi (47) salah satu warga Kudus, Jawa Tengah.

“Dua orang telah kita tetapkan tersangka dan kasus ini masih dikembangkan,” terang Kasat Reskrim Polres Tuban.

Ia menjelaskan kasus itu bermula saat pelaku bersama keluarga akan pergi rekreasi ke Jombang dengan mengendarai mobil Avanza warna putih.

Ketika melintas di jalur Pantura Tuban, komplotan pelaku itu mengetahui ada kambing di pinggir jalan tepatnya di Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

“Kambing milik warga berada di tepi jalan,” terang AKP Yoan Septi Hendri.

Melihat hal itu, dua pelaku langsung beraksi dengan cara memasukkan satu ekor kambing ke dalam karung. Kemudian dibawa masuk ke mobil dan mereka kabur.

“Kambing dimasukkan (dalam karung, red) ke dalam mobil oleh pelaku, dan meraka langsung melarikan diri,” jelasnya.

Namun aksi pelaku diketahui warga dan dilaporkan ke anggota kepolisian. Mendapat laporan anggota langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku hingga dilakukan penghadangan di wilayah Pantura Jenu Tuban.

Upaya itu belum berhasil, lantaran mobil pelaku tidak mau berhenti dan memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi. Selanjutnya anggota membuntuti mobil pelaku dengan menginformasikan pergerakan mobil pelaku melalui siaran motorola.

Tak mau kehilangan jejak, belasan anggota kemudian melakukan barikade dengan menggunakan kendaraan besar untuk menghentikan laju mobil palaku.

Upaya tersebut sangat jitu, terbukti kendaraan pelaku berhasil dihadang setelah terjebak di tengah-tengah jalan yang macet di jalan Panglima Sudirman, Tuban.

“Setelah dilakukan pengejaran, mobil pelaku berhasil dihentikan anggota,” ungkap AKP Yoan.

Lebih lanjut, ia hingga kini masih mendalami motif pelaku nekat melakukan pencarian hewan ternak kambing tersebut. Sebab, pelaku masih di mintai keterangan oleh anggota.

“Kita masih dalami kasus ini,” terangnya.

Sebatas diketahui, setelah mobil berhenti, anggota langsung melakukan penggeledahan didalam mobil dan mengamankan dua pria yang sempat akan kabur. Serta didalam mobil itu juga terdapat ibu-ibu dan anak-anaknya. (rohman)

Anggota Satlantas Polres Tuban berhasil meringkus pelaku dilokasi kejadian. (Ist)

Tinggalkan Balasan