Pembangunan Kesehatan Tuban Telah Memperjuangkan Tiga Pilar

0
Wabup Tuban ketika memimpin upacara Hari Kesehatan Nasional ke-55 dan HUT Korpri ke-48 di halaman Pemkab Tuban.

halopantura.com Tuban –  Pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya JKN yang mengusung kegiatan promotif dan preventif.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Tuban, H. Noor Nahar Hussein, disela-sela menyerahkan satu mobil ambulance untuk Puskesmas Jetak, Montong, dan 2 unit motor ambulance untuk tim PSC 119 Kabupaten Tuban, di halaman kantor Pemkab setempat, Jumat (29/11/2019).

Selain itu, Wabup didampingi Sekda Tuban menyerahkan piagam penghargaan kepada Puskesmas Terbaik; Dokter Teladan; Bidan Teladan; dan Perawat Teladan. Penghargaan itu diserahkan usai Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-55 dan HUT KORPRI ke-48 tahun 2019.

Wabup Tuban menambahkan penghargaan dan penghormatan kepada seluruh tenaga kesehatan, jajaran lintas sector serta seluruh lapisan masyarakat yang telah berjuang untuk melaksanakan pembangunan kesehatan untuk mempersembahkan generasi sehat Indonesia unggul.

“Ini menjadi salah satu langkah untuk mewujudkan SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045,” tegas Noor Nahar Hussein.

Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan telah berhasil diraih, diantaranya menurunnya angka kematian ibu dan anak; meningkatnya cakupan imunisasi; pengendalian penyakit menular; serta pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional yang telah banyak dirasakan masyarakat.

Wabup menerangkan pembangunan kesehatan saat iin menekankan dua penguatan. Pertama, optimalisasi inovasi pelayanan untuk menunjang efisiensi tindakan medis, penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

Kedua, harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektivitas antar instansi terkait dan lintas sector agar tidak terjadi tumpang tindih.

“Focus pada pemecahan masalah kesehatan agar kebijan berjalan baik,” jelasnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan