Pemilu 2019, Bawaslu Sebut di Tuban Tidak Ada Politik Uang

1
Penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilakukan petugas KPPS di TPS 17 Kecamatan Kota Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban menyebut tidak menemukan kasus indikasi politik uang atau money politic selama masa tenang sampai pencoblosan Pemilu serentak pada 17 April 2019.

Termasuk sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat atau peserta pemilu terkait adanya politik uang yang dilakukan para caleg atau tim sukses Pilpres. Hal itu diungkap Sullamul Hadi, Ketua Bawaslu Tuban, Jumat, (19/4/2019).

“Tidak ada laporan ataupun temuan (politik uang,red) selama masa tenang dan pemungutan sampai perhitungan suara ,” ungkap Ketua Bawaslu Tuban.

Jika pun ada laporan atau temuan, maka akan langsung di proses ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Tuban dengan ancaman hukuman pidana penjara. Tetapi sejauh ini, pelanggaran yang ditemukan hanya bersifat admistrasi.

“Semua jenis pelanggarannya sama, yaitu administrasi. Tidak ada yang menonjol,” ungkap Gus Hadi panggilan akrab Ketua Bawaslu Tuban.

Menurutnya, sejauh ini Pemilu di Tuban berjalan lancar. Hal itu berkat kerjasama yang baik antara peserta pemilu dan semua pihak terkait lainnya.

“Semua berjalan aman, berkat kerjasama dengan peserta pemilu. Semua pro-aktif. Termasuk kita apresiasi sangat tinggi terhadap semua peserta pemilu,” tegas Gus Hadi.

Hal sama juga disampaikan Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono. Ia mengatakan sampai saat ini proses Pemilu berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.

“Anggota sampai saat ini terus siaga, dan terpantau masih aman,” pungkasnya. (rohman)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here