Pemilu 2019, Dandim 0811 Tuban: Jangan Ragukan Netralitas TNI

0
Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Nur Wicahyanto.

halopantura.com Tuban – Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Nur Wicahyanto, menjamin bahwa anggota tetap netral selama pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Hal itu untuk memastikan pesta demokrasi berjalan aman dan sesuai aturan.

“Dalam Pemilu, jangan ragukan netralitas TNI,”  ungkap Dandim 0811 Tuban, Kamis, (3/10/2018).

Dandim kelahiran Solo itu menegaskan, seluruh anggota TNI wajib bersikap netral pada penyelenggaraan Pemilu, dan itu telah diatur dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Dalam pasal 9 disebutkan prajurit TNI dilarang terlibat dalam politik praktis.

“Apabila ditemukan anggota yang tidak netral selama pemilu. Maka akan ditindak tegas, sesuai aturan yang berlaku,” tegas Letkol Inf Nur Wicahyanto.

Selain itu, ia juga berjanji selamat proses pemilu yang ada wilayah Kabupaten Tuban, akan memberikan dukungan dalam pengamanan. Hal itu dilakukan untuk menciptakan suasana Tuban aman dan kondusif.

“Personil sudah siap untuk membantu Polres dalam mengamankan jalannya Pemilu di Tuban,” jelasnya.

Sebatas diketahui, untuk menciptakan kondisi aman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bersama Forkopimda juga telah menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2019, di halaman Kodim 0811 Tuban, Rabu, (3/10/2018).

Baca: https://www.halopantura.com/enam-parpol-tidak-hadiri-deklarasi-pemilu-damai-di-tuban/

Dalam pelaksanaan, deklarasi dimulai dengan pengucapan komitmen deklarasi pemilu damai, yang di pimpinan Bupati Tuban H. Fathul Huda.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi pemilu damai yang dilakukan oleh Forkopimda Tuban, penyelenggaraan pemilu, dan pimpinan partai politik. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here