Pemkab Ngawi Siap Gelar Pilkades Serentak

0
Kesiapan Pemkab Ngawi menghadapi Pilkades serentak.

halopantura.com Ngawi – Persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ngawi pada 29 Juni 2019, secara umum sudah mencapai 95 persen. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi, Kabul Tunggul Winarno saat turun ke bawah (Turba) melihat langsung di Desa, Kamis (27/6/2019).

“Terkait dengan persiapan pilkades secara umum sudah siap, bahkan sudah mencapai 95,” ujar Kabul Tunggul Winarno.

Dia menyampaikan, pilkades serentak diselenggarakan di 178 desa yang tersebar di Kabupaten Ngawi. Bahkan, saat ini tengah memasuki masa tenang dari masing-masing calon kepala desa. Sementara untuk logistik Pilkades, seperti surat suara, kotak suara dan lainnya tinggal menunggu pendistribusian.

“Semua Panitia Pemilihan Kepala Desa sudah melaksanakan tahapan pilihan dan hariini sedang melakukan pelipatan surat suara,” katanya.

Ia mengatakan, tahun 2019 di Kabupaten Ngawi terdapat 35 desa yang tidak melaksanakan Pilkades. Berdasarkan data dari DPMD Ngawi, ada beberapa desa yang calon kepala desa mencapai lima orang.

“Untuk pengamanan Pilkades, di backup Polres Ngawi. Kita harapkan semua prosespilkades bisa berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dan saya meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades harus melakukan persiapan dengan baik dan mematuhi ketentuan yang telah diatur dalam UU No 6/2014 tentang Desa dan peraturan daerah yang mengatur pilkades,”pungkasnya

Sementara itu, Sumarno, anggota panitia Pilkades Ngompro, Kecamatan Pangkur, kepada jurnaljatim.com mengatakan, semua proses tahapan Pilkades di desa Ngompro telah dilaksanakan sesuai jadwal.

“Persiapan Pilkades telah kita persiapkan sebaik mungkin, mulai awal dibuka pendaftaran calon kepala desa sampai hari ini semua sudah kita laksanakan sesuai aturan,”katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya tingga melakukan pendistribusian logistik ke KPPS. “Sampai hari ini surat suara dan kotak suara tinggal di antar ke KPPS,”pungkasnya. (uci/fin/roh)

Leave a Reply